Lihat ke Halaman Asli

Novia Homzah

mahasiswa

Mahasiswa UHAMKA dengan Mulia Melakukan PKM di Tengah Pandemi Melalui Online

Diperbarui: 11 Agustus 2021   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Kegiatan Penyuluhan. Foto : Natasya Putri" (Dokpri)

Jakarta, 10 Agustus 2021. Kelompok 5 PKM FEB UHAMKA yang terdiri dari Abdul Rohim, Novia Homzah, Sendy Febriane, Rirlpa Juniari, Natasya Putri, Dienni Fathia, Putri Aulia, Fachra Arofah, Alvina Hendri, dan Prayoga Isna menyalurkan sedikit bantuan kepada yayasan panti asuhan muhammadiyah aisyiyah, cabang rawamangun pulogadung dan silaturahmi. Dengan dosen pembimbing pak Arief Widodo.

Pertengahan tahun 2021 dimana wabah covid semakin meningkat ini merupakan tahun dimana mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka harus menyelesaikan sebuah mata kuliah yang bernama PKM (pengabdian kepada masyarakat). Dimana seharusnya perkuliahan ini diadakan diluar kota, namun dengan adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pihak kampus mengambil  keputusan untuk melaksanakan kegiatannya dilakukan secara online.

Dikarenakan kegiatan dilakukan secara online dan ppkm level 4 untuk sejumlah Kabupaten/Kota yang berada ditujuh provinsi di Jawa, Bali termasuk Jakarta. Maka sebab itu kel.5 hanya mengirimkan perwakilan untuk melakukan silaturahmi sekaligus penyerahan bantuan dengan pihak pondok.

Beragam cara dilakukan oleh mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka untuk tetap bisa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh uhamka yang melibatkan dosen dan mahasiswa, banyak kegiatan yang perlu dilakukan mahasiswa di panti asuhan tersebut. 

Namun, sebelum mengaplikasi program kerja tersebut mahasiswa diberi pembekalan terlebih dahulu dengan dosen pembimbing agar nantinya program kerja tersebut dapat terarah dan terorganisir dengan baik. Lalu setelah melakukan pembekalan, mahasiswa didampingin dosen pembimbing melakukan survei tempat yang telah ditentukan dari pihak kampus, tujuannya agar kita tau jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh panti tersebut. Setelah melakukan survei, langkah selanjutnya yaitu membuka galang dana/donasi.

Tujuan melakukan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberdayakan dan membekali anak-anak panti dengan program-program yang berguna, sehingga menjadi tugas yang berat untuk mereka, namun sangat mulia untuk dilaksanakan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak-anak panti kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline