Lihat ke Halaman Asli

Perdagangan Elektronik (E-Commerce) What Is It?

Diperbarui: 16 April 2016   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Apa sih e-Commerce itu ... ? :/

yuk, kita cari tahu tentang e-Commerce !

Menurut buku-buku, jurnal, dan refrensi-refrensi yang saya baca, ternyata e-commerce itu yang biasa di kenal sebagai perdagangan Online Shop merupakan segala bentuk transaksi halal perdagangan barang atau jasa, dan alat canggihlah yang di gunakan untuk mediasinya. Sungguh canggih bukan ?, mediasi lainnya ada juga yang menggunakan komputer sebagai jaringan network yaitu internet.  Dampak adanya perdagangan Online ini muncul dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi yang modern kawan-kawan... seperti saat ini.

Secara lebih rinci, e-Commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen, pedagang, dan jaringan-jaringannya. Kenapa orang-orang memilih jaringan-jaringan network (internet) ini ? jawabannya adalah, karena orang-orang lebih mudah mengakses dengan cara penggunanaan jaringan internet. Apalagi, internet merupakan jaringan publik yang sangat besar hingga mendunia, selain mendunia, mengaksesnya juga lebih mudah, murah, dan cepat. Makanya, kebanyakan orang modern saat ini memilih menggunakan Electronic Business.

Dari orang-orang ini, kebanyakan ada dalam suatu perusahaan yang perusahaan itu dapat menghubungkan perusahaan tersebut dengan domain publik, seperti individu, komunitas, dan organisasi. Perusahaan dapat menjalin komunikasi efektif dengan konsumen. Selain itu, penggunaan e-commerce ini juga dapat mempermudah pengguna dan konsumen untuk transaksi pembayarannya karena sangat cepat dan murah melalui internet.

Untuk selanjutnya, saya akan menuliskan keuntungan dan kerugian pengguanaan e-Commerce. Apa sih keuntungannya ? jawabannya adalah :

Bagi perusahaan yang menggunakan perdagangan elektronik ini, akan memiliki keuntungan sebagai berikut, yaitu: Mempermudah jarak, memperluas pemasaran, mempercepat pelayanan ke pelanggan, serta mengurangi biaya-biaya, seperti biaya pos, pencetakan, dan sebagainya.

Bagi konsumen : Efektif, aman secara fisik dan fleksibel.

Bagi masyarakat umum : Mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan, membuka peluang kerja baru, meningkatkan kualitas SDM.

Nah, itulah keuntungannya, lalu, apa sih kerugian penggunaan perdagangan e-commerce ini ?

Yuk, kita simak... :)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline