Guru muda saat ini selalu dituntut untuk banyak inovasi. Mampu multi tasking, di era gempuran murid Gen Z yang kritis. Namun, dari segala persoalan tentang pembelajaran di dalam kelas ada hal yang benar-benar menjadi tantangan bagi individu guru muda.
Mungkin guru senior menganggap guru muda terlalu idealis, mengedepankan norma yang berlaku dianggap sebagai anak kemarin sore yang belum mengerti kehidupan.
Tapi itulah kami, manusia yang lebih berfikir kritis yang apabila leha-leha menjadi sebuah ancaman. Melihat sesuatu yang salah harus dibenarkan, namun semua itu hanya dianggap bualan semata.
Lingkungan kerja yang nyaman adalah rejeki bagi guru muda kelahiran 90 an. Saat ini beban berat pekerjaan yang dijalankan bukan lagi menjadi hambatan yang perlu dihindari.
Kami sudah kuat, sudah terbiasa dengan berbagai jobdesk di luar "nurul" yang diberikan. Tapi kalau sudah berbicara lingkungan kerja, hal itu sudah sangat riskan.
Hal ini dibentuk dari orang-orang yang ada di dalam suatu lembaga atau gedung. Apabila mereka kompak, maka lembaga tersebut akan maju.
Guru muda pun akan berkembang. Sebaliknya, apabila lingkungan pekerjaan sudah toxic maka kami pun akan ikut terpengaruhi dalam bekerja.
Toxic ini bukan sekedar hal remeh yang dikenal oleh anak muda ketika berpacaran. Namun sudah menyangkut kebijakan yang dilahirkan, sikap terhadap bawahan, dan yang paling parah adalah hubungan yang tidak seharusnya ada dengan bawahan.
Apa karena saya "anak baru kemarin sore" makanya hal-hal seperti ini saya anggap penyimpangan?
Apa karena saya "terlalu idealis" sehingga hubungan tidak wajar seperti ini dianggap hal lumrah dalam dunia pendidikan?