Lihat ke Halaman Asli

KKN 212 Curah Jeru

Mahasiswa Universitas Jember

UKULELE: Sosialisasi Program Kerja "Pembuatan Kerupuk Ikan Lele, Bersama Kelompok KDD Desa Curah Jeru""

Diperbarui: 26 Juli 2024   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Sosialisasi UKULELE (sumber: Kelompok KKN 212)

Desa Curah Jeru merupakan salah satu desa yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi nomer 2 di Kecamatan Panji. Salah satu kelompok masyarakat yang berdiri di desa ini yaitu KDD (Kelompok Disabilitas Desa). Kelompok KKN UMD UNEJ 212 Curah Jeru memiliki inovasi untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan kerupuk ikan lele (UKULELE), guna meningkatkan perekonomian masyarakat serta membuat anggota kelompok KDD dapat mengembangkan potensinya.

Tentunya sebelum pelaksanaan acara sosialisasi program kerja ini, kami melakukan beberapa percobaan atau praktek pembuatan kerupuk berbahan baku utama ikan lele untuk memperoleh resep yang terbaik. Hasil dari sample kerupuk yang telah kami buat, tentunya telah mendapat kritik maupun saran dari jajaran perangkat Desa Curah Jeru. Kritik dan saran tersebut membuat kami semakin semangat memperbaiki hal-hal yang kurang dari resep kami, sehingga kami dapat memberikan cita rasa kerupuk lele  yang terbaik untuk dilanjutkan oleh KDD Desa Curah Jeru.

Sosialisasi program kerja UKULELE ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Juli 2024 bertempat di kediaman Bapak Mifta selaku Ketua KDD Desa Curah Jeru. Kegiatan ini dihadiri sekitar 14 anggota kelompok KDD dan 4 anggota perangkat desa. Susunan acara dari kegiatan ini terdiri dari pembukaan oleh MC, Sambutan-sambutan, Acara inti (Sosialisasi Program Kerja kerupuk ukulele) dan Penutup. 

 Program ini didukung sepenuhnya oleh kelompok KDD  serta perangkat desa, dapat dilihat dari antusias peserta yang sangat tinggi dalam berpartisipasi dan berkontribusi dalam acara ini.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline