Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Cara Cuci Tangan kepada Anak-Anak Taman Quran Kecamatan Arjasa

Diperbarui: 14 Agustus 2020   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

       Jember  08 agustus 2020 universitas muhammadiyah jember menerjukan mahasiswanya  untuk kuliah kerja  nyata ( KkN) di setiap tahun sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tetapi yang berbeda dari tahun ini adalah KKN yang dilaksanakan secara kelompok kecil (max 6 anggota) di desa sendiri oleh mahasiswa sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan selama 30 hari, dimulai dari tanggal 4 agustus sampai 2 september 2020. 

     KKN TEMATIK COVID-19 tersebut memiliki tema yang dapat bebas dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan di sekitar tempat tinggalnya, mahasiswa KKN UMJ  kelompok 38 ini memilih proker untuk  membangun kesehatan masyarakat desa biting dusun krajan kecamatan arjasa menerapkan cara cuci tangan yang baik dan benar. Karena virus covid-19 saat rentang tertular melalui tangan, mata, hidung, dan mulut. Maka dari itu  kami di sini bertujuan untuk bersosialisasi kepada anak-anak taman qur’an yang ada di desa tersebut. 

     

      pada hari sabtu tanggal 08 agustus 2020 kami terjun langsung kelapangan menggunakan protokol  kesehatan, setelah kami terjun langsung kami menilai bahwa kesadaran masyarakat disana sangat kurang untuk mematuhi protokol  kesehatan, kurangnya menjaga kebersihan tangan dan pemakaian masker hanya sebagian murid saja yang memakai masker.

      Materi yang kami sampaikan kepada anak-anak taman qur’an adalah pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar dan memberi arahan manfaat cuci tangan ini tidak hanya pada era pandemi covid-19 saat ini saja tetapi harus di terapkan juga jika pandemik ini telah berakhir guna untuk menjauhkan dari penyakit ( diare, flu daan batuk, hepatitis dan penykit lainya). Akhirnya setalah kita terjun langsung kelapangan , kelompok KKN 38 UMJEMBER bertujuan untuk membuat tempat cuci tangan dan benner cara cuci tangan yang benar .

b9fab072-baa9-49d4-ad37-b181b4adc554-5f35e776297d686fd107fe92.jpeg


 

      Dengan adanya kegiatan di atas yang telah terlaksana kami berharap siswa ( anak-anak taman qur’an )desa biting/dusun krajan/kecamatan arjasah( kab jember)  dapat menerapkan kebiasaan sehat melalui tangan mereka sendiri dan memakai masker.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline