Lihat ke Halaman Asli

Festival Kewirausahaan di Tengah Pandemi, Science Entrepreneurship Laksanakan E-Fest untuk Membantu Pemasaran Bisnis Mahasiswa

Diperbarui: 12 November 2020   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Peserta sedang melakukan tanya jawab (Dokpri)

Malang, 11 November 2020
Penulis: Cindy Wahyu Griselda
Dokumentasi: Eka Uswatun Hasanah

Pada kesempatan kali ini, Scrience Entrepreneurship 2020 mengadakan kegiatan dengan tema "Be a Young and Creative Entrepreneur For The Better Future". Kegiatan ini merupakan acara tahunan bagi Science Entrepreneurship. Merupakan sebuah festival kewiraushaan yang biasa kami sebut dengan E-fest atau E-festival online. E-fest kali ini dilaksanakan pada hari minggu sampai jumat pada tanggal 1-6 November 2020 melalui media social Instagram.

E-Fest sendiri memiliki tujuan antara lain sebagai wadah komunikasi bisnis bagi mahasiswa, sebagai wadah untuk mengembangkan produk usaha mahasiswa, sebagai wadah pemasaran bisnis mahasiswa, dan sarana untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa yang belum memulai usaha.

Kita tau bahwa mulai awal tahun 2020 dunia sedang dilanda pandemi virus corona sehingga kebanyakan sektor berhenti untuk beroperasi. Hal ini tak luput juga bagi sektor pendidikan dimana seluruh siswa dan mahasiswa diliburkan guna untuk mencegah tersebarnya virus corona. Akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi semangat dari anggota science entrepreneurship FMIPA Universitas Negeri Malang untuk mengadakan suatu konstes untuk melombakan produknya. Hal ini juga tak luput juga semangat dari  peserta dari E-Fest

E-Fest online yang diadakan oleh science entrepreneurship FMIPA Universitas Negeri Malang ini tersusun atas beberapa tahapan yaitu pada tahap pertama yaitu tanggal 20 Oktober hingga 31 Oktober 2020 yaitu perekrutan peserta, tahap kedua yaitu pembukaan dan penguplodan video di instragram science entrepreneurship pada tanggal 1 November 2020, tahap ketiga penilaian juri pada tanggal 4 November 2020 dan tahap terakhir yaitu pengumuman juara pada tanggal 6 November 2020.

E-Fest online yang diadakan oleh science entrepreneurship FMIPA Universitas Negeri Malang ini diikuti oleh 22 kelompok dimana dalam satu kelompoknya terdiri dari 1 sampai 3 orang. Adapun produk yang diikutkan sangat bermacam-macam dan bervariasi mulai dari makanan, hijau hingga frame foto.

Salah satu manfaat yang paling besar dengan mengikuti E festival ini yaitu mendapatkan ilmu beserta pengalaman dan juga dapat mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih tinggi lagi seperti PKM-K dan juga KTI.  

Tanggapan dari perserta sendiri sangatlah positif, peserta dengan antusias megirimkan video produk mreka dengan s&k yang berlaku dan tak lupa foto juga mereka sertakan. Ada yang mengatakan bahwa dengan mengikuti acara ini mreka mendapat beberapa pelanggan baru dan market place yang lebih luas lagi.

Gambar 2. Foto bersama para peserta (Dokpri)

Pada penghujung acara, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sangat kondusif. Semua peserta sportif dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku. Ada juara 1,2,3 dan juara favorit yang mendapatkan hadiah namun yang belum berkesempatan untuk menjadi pemenang juga mendapatkan manfaat yang tak kalah baik juga. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline