Lihat ke Halaman Asli

Inem Ga Seksi

TERVERIFIKASI

Penanganan Lidah yang Tergigit

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lidah mempunyai peranan sangat penting dalam kegiatan sehari-hari, selain sebagai alat mengecap, lidah juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk memperjelas ucapan kita.

Menurut Wikipedia, lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara. Juga membantu mulut dalam membolak balik makanan dalam rongga mulut.

Dalam bahasa latin, lidah berasal dari bahasa lingua.

Namun bagaimana jadinya bila, indera pengecap ini terluka, karena saat kita makan, minum atau berbicara tiba-tiba tergigit.

Aduh..pasti sakitnya akan sampai ke ubun-ubun. Dan biasanya, jika hal ini menimpa diri saya pribadi, maka nafsu makan atau minum atau bicara seketika akan terhenti atau bahkan menjadi hilang mood.

Lidah yang tergigit sebenarnya bukanlah hal yang luar biasa atau berbahaya, namun jika di biarkan saja hal ini akan berefek pada timbulnya sariawan atau luka pada lidah.

Tentunya, jika sudah sariawan, hal ini bisa sangat menganggu sekali. Minum sakit, makan sakit, bicarapun menjadi tidak jelas karena menahan sakit.

Biasanya sariawan yang di timbulkan oleh lidah yang tergigit berasal dari kuman-kuman dalam rongga mulut, karena terjadinya peradangan infeksi sekunder.

Dan pada umumnya sariawan lebih mudah terjadi jika daya tahan mukosa rongga mulut sedang mengalami penurunan, maka trauma fisik lidah tergigit mempercepat sariawan.

Seperti di kutip dari Boldsky (11/6/12) ada beberapa hal yang sebaiknya di lakukan apabila lidah kita tergigit yaitu :

1. Segera letakkan es batu pada bagian lidah yang tergigit, selain bisa menghentikan darah yang keluar, tindakan ini juga bisa meredakan nyeri yang di timbulkan dari lidah tergigit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline