Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Unnes Giat 5 Ikut Meramaikan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Kauman

Diperbarui: 2 Agustus 2023   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kauman- Seluruh warga Desa Kauman dan Mahasiswa UNNES GIAT 5 mengikuti acara festival gunungan dalam tradisi sedekah bumi yang bertepatan pada tanggal 10 Muharram 1445/28 Juli 2023.

Festival Gunungan merupakan kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam di Desa Kauman, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Festival Gunungan merupakan tradisi turun-temurun yang mempunyai makna sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas syukur berbagai rezeki yang telah diberikan dari bumi. Sekaligus mendoakan agar di tahun depan rezeki bertambah, berbagai tanaman tumbuh subur.

Kegiatan ini dimulai dengan mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Sementara itu, untuk buah dan sayur diberikan oleh warga secara sukarela. Kerangka gunungan dibuat sebanyak dua kerangka dan dirangkai menggunakan bambu. Kerangka dilapisi kertas berwarna merah dan putih. Buah dan sayur dirangkai menggunakan benang jagung dan kawat yang nantinya diletakkan mengitari gunungan.

Setelah ashar kegiatan arak-arakan dimulai. Berawal dari masjid Al-Ikhsan menuju ke balai desa dan dilanjutkan ke jalan Susukan lalu kembali ke masjid Al-Ikhsan Festival gunungan ini diikuti oleh seluruh warga Desa Kauman dengan antusias. Selama arak-arakan berlangsung diiringi oleh hadroh. Setibanya gunungan di masjid, gunungan langsung diperebutkan oleh warga sedangkan untuk satu gunungan lainnya dibawa ke masjid untuk dido'akan. Dengan rangkaian kegiatan khataman al quran, sambutan kepala dusun dan perwakilan mahasiswa KKN.

cdb3f18e-362f-4511-9a21-a82f73e5232f-64ca6fe308a8b56ba477c4a7.jpeg

sumber gambar: doc pribadi

Kemudian gunungan tersebut kembali diperebutkan oleh warga. Setelah itu dilanjut dengan buka bersama dan diakhiri dengan solat magrib berjamaah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline