Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Penugasan Infografis pada Siswa SMA PGRI 1 Lumajang

Diperbarui: 29 November 2020   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1. Keterlaksanaan pembelajaran di kelas X IPS 2 dengan penugasan infografis pada siklus I mencapai taraf keberhasilan cukup, pada siklus II mencapai taraf keberhasilan baik dan pada siklus III mencapai taraf keberhasilan sangat baik.

2. Peserta didik merasa antusias dengan penugasan infografis sehingga membuat minat siswa meningkat untuk mengikuti pembelajaran sejarah Indonesia. Hal itu menyebabkan pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah Indonesia meningkat dan berpengaruh pada hasil belajar yang diambil melalui pengerjaan soal evaluasi disetiap akhir pertemuan. 

Pada siklus 1 ketuntasan peserta didik mencapai 44,11% namun masih belum mencapai indikator keberhasilan ≥50%, pada siklus II meningkat namun tidak signifikan yakni 50 % dan masih dibawah indikator keberhasilan ≥65% sedangkan pada siklus III terdapat peningkatan yang siginifikan sebanyak 85,29% dan telah mencapai indikator keberhasilan ≥75%.

Drive Google.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline