Lihat ke Halaman Asli

Nova Pratiwi Damayanti

Universitas Jember

Mahasiswa KKN Kolaboratif 212 Mengadakan Sosialisasi dan Percobaan Pembuatan Batik Ecoprint kepada Para Ibu Rumah Tangga di Desa Baletbaru

Diperbarui: 5 Agustus 2022   18:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama ibu-ibu rumah tangga Desa Baletbaru yang menghadiri acara sosialisasi dan percobaan pembuatan batik ecoprint. Dokpri

KKN Kolaboratif Jember merupakan KKN gabungan dari 13 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Jember. 

Kegiatan KKN sendiri merupakan salah satu bentuk pengintegrasian kegiatan antara pengabdian kepada masyarakat, pendidikan dan penelitian yang dilaksanakan terutama oleh mahasiswa secara interdisipliner dan intrakulikuler. 

KKN Kolaboratif ini akan dilaksanakan selama 35 hari dengan proker utamanya yaitu verifikasi dan validasi DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) serta proker tambahan dalam bentuk mengangkat potensi desa.

Desa Baletbaru Kecamatan Sukowono menjadi tempat KKN untuk kelompok KKN Kolabortif 212. Kegiatan KKN Kolaboratif ini telah dimulai sejak Sabtu (23/07). 

Kelompok KKN Kolaboratif 212 Desa Baletbaru pun melaksanakan proker sesuai arahan, yaitu verifikasi dan validasi DTKS serta salah satu proker tambahannya yaitu peningkatan SDM di Desa Baletbaru melalui batik ecoprint. Batik ecoprint merupakan batik yang dibuat dengan cara mencetak menggunakan bahan-bahan yang terdapat di alam sekitar sebagai kain batik. 

Warna dan motif yang dihasilkannya pun berasal dari alam, seperti bunga dan daun-daunan.

pemaparan materi sosialisasi oleh mahasiswa KKN Kolaboratif 212. Dokpri

Sembari melaksanakan proker utama terkait DTKS, mahasiswa KKN Kolaboratif 212 Desa Baletbaru juga mulai menjalankan salah satu proker tambahannya tersebut. Pada Selasa (02/08), mahasiswa KKN Kolaboratif 212 Desa Baletbaru menyelenggarakan sosialisasi serta percobaan pembuatan batik ecoprint kepada ibu-ibu rumah tangga di Desa Baletbaru. 

Penyelenggaraan kegiatan tersebut bertempat di Balai Desa Baletbaru dan dimulai pada pukul 13:00 WIB. Kegiatan dibuka dengan pemaparan materi sosialisasi oleh mahasiswa KKN Kolaboratif 212.  Materi yang dipaparkan diantaranya pengertian batik ecoprint, teknik pembuatan, kelebihan, serta harga jual dari batik ecoprint tersebut.

Percobaan pembuatan batik ecoprint oleh ibu-ibu rumah tangga di Desa Baletbaru. Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline