Lihat ke Halaman Asli

Novan Rahina Widiantoro

Mahasiswa Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Upgrading Profile dan Iconisasi UMKM

Diperbarui: 14 Agustus 2023   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

malang ~ Kunjungan beberapa UMKM di daerah Singosari Kelurahan Pagentan yang dilakukan oleh Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya merupakan upaya untuk memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan oleh warga Kelurahan Pagentan Singosari. UMKM atau Usaha Menengah Kecil dan Mikro merupakan bisnis atau usaha yang dijalankan oleh individu, badan usaha kecil, atau rumah tangga yang kerap dimaknai sebagai usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri.

Dengan adanya informasi dari Ibu Lurah Pagentan, anggota Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya membantu upgrading UMKM yang ada di daerah Singosari Kelurahan Pagentan dengan melakukan kunjungan atau survei untuk melakukan wawancara, serta mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.

Selanjutnya akan dibuatkan video profile UMKM dan juga guidebook yang bertujuan untuk menampung beberapa UMKM yang sudah menyetujui untuk dilakukan wawancara oleh Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya. UMKM yang dikunjungi oleh Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya diantaranya sebagai berikut :

1. Destinasi Wisata Kuliner Latar Candi

Latar Candi merupakan sebuah cafe estetik yang memiliki tempat yang estetik dan cocok dihampiri terutama setelah mengunjungi Candi Singosari. Menu favorit di Latar Candi adalah Main Course yang terdiri dari 2 menu yaitu Oriental Food dan Javanese Food. Dengan menu andalannya Nasi Jeruk Latar Candi, Rawon Empal, Paru, dan Sup Iga.

2. Destinasi Wisata Kuliner Keripik Singkong "Wijaya"

Keripik Wijaya Bu Am sendiri telah berdiri sejak tahun 1980-an dan merupakan salah satu kuliner khas Singosari yang wajib dikunjungi untuk membawa oleh-oleh. Oleh-oleh favorit di Keripik Wijaya Bu Am adalah Keripik Singkong Bawangnya yang tersedia dalam berbagai ukuran seperti 50g, 100g, 250g. Selain itu, tak lengkap juga jika berkunjung kesini tanpa membeli keripik tempe dan buah yang menjadi salah satu ciri khas kota Malang.

3. Destinasi Wisata Kuliner Pangsit Mie Ayam Pak Mo

Pangsit Mie Ayam Pak Mo sendiri telah berdiri sejak tahun 1993 dan merupakan salah satu wisata kuliner Singosari yang wajib dikunjungi karena memiliki rasa yang nikmat dan dapat menggugah selera makan. Menu favorit di Pangsit Mie Ayam Pak Mo adalah Mie Ayam Original dan Mie Ayam Pangsitnya karena memiliki rasa yang nikmat dan khas, porsi yang lumayan banyak dan harga yang terjangkau pula. Mie Ayam Pak Mo semakin lengkap dengan tambahan topingnya yaitu udang goreng.

Semua ini merupakan kerja sama yang terjalin antara Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya, warga atau masyarakat Kelurahan Pagentan, Ibu Lurah Pagentan, Staf Kelurahan Pagentan serta dosen pembimbing yang selalu mengawasi segala kegiatan dan juga memberikan saran, masukan serta dukungan demi kelancaran setiap kegiatan yang telah kelompok kami laksanakan selama kegiatan Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya ini berlangsung yaitu Ibu Deasy Chrisnia Natalia, S.E.,M.M.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline