banyak orang beranggapan bahwa seseorang lulusan STM ataupun sarjana teknik mesin sekalipun, dapat mengerti dan paham tentang mesin apapun jenisnya. padahal setiap siswa dan mahasiswa yang mempelajari teknik mesin, akan memiliki keahlian dan spesifikasi tentang mesin. mungkin mereka diajari semuanya, namun tidak menyeluruh. mesin motor bakar misalnya, mesin ini digunakan di kendaraan bermotor,genset,dan sebagian mesin industri. tentu saja mesin motor bakar akan berbeda dengan motor listrik (lebih populer disebut dinamo). untuk lebih jelasnya, mari kita lihat bagian-bagian dari motor bakar. 1. silinder blok bagian ini adalah tempatnya piston, poros engkol, stang piston dan roda penerus. mesin motor bakar 4 tak terdiri dari komponen tersebut yang terpasang pada silinder blok 2. kepala silinder pada kepala silinder ini akan terpasang katup, poros katup (campshaft), busi dan lain-lain. sama halnya dengan silinder blok, kepala silinder adalah bagian yang penting. kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan mesin susah hidup, pincang dan lain-lain
3. platina dan CDI bagian ini merupakan sistem kelistrikan untuk menghidupkan mesin. platina pada mesin motor bakar berfungsi sebagai inverter yang mengubah tegangan DC menjadi tegangan DC yang terputus-putus agar dapat menginduksi koil. sedangkan CDI merupakan inverter elektrik yang menggunakan integrated circuit (IC) untuk dapat meninduksi koil.
4. koil koil sejatinya merupakan trafo tegangan tinggi yang mendapatkan tegangan putus-putus dari platina ataupun CDI. tegangan tersebut yang akan menginduksi belitan sekunder pada koil. tegangan keluaran koil mencapai ribuan volt.
semoga bermanfaat
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI