Lihat ke Halaman Asli

Novani Wahyu

Mahasiswa tahun ke-3

Buruk Rupa, Kaya Gizi

Diperbarui: 7 Oktober 2017   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Terkadang dalam memilih makanan beberapa orang hanya melihat dari segi menariknya saja tanpa melihat kandungan gizi dan manfaatnya bagi tubuh. Seringkali kita malah justru tertipu dengan fisik makanan yang menarik namun malah membahayakan kesehatan kita. Ada juga makanan yang kita rasa kurang menarik atau bahkan menjijikan malah mengandung gizi yang akan sangat bermanfaat jika kita konsumsi seperti jagung smut ini.

Jagung smut atau di Meksiko lebih dikenal sebagai Huitlacohe adalah jagung yang tidak terurus yang telah terinfeksi oleh jamur Ustilago maydis dan berkembangbiak pada saat musim hujan. Biji jagung yang terinfeksi akan berubah menjadi kehitaman dan akan membesar. 

Walaupun bentuknya yang tidak menarik namun jagung smut ini mengandung lebih banyak protein, asam amino lisin dari pada jagung biasa. Rasanya pun juga lezat, sudah banyak olahan makanan dari jagung smut ini seperti sebagai bahan masakan burrito dan risotto, jagung smut juga sudah ada yang diolah dalam kalengan. 

Harga jagung smut sendiri juga lebih mahal dari harga jagung biasa. Sehingga terkadang para petani sangat senang saat tanaman jagungnya terkea jamur ini seringkali petani juga menyuntikkan jamur ke tanamannya sehingga tanaman akan terinfeksi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline