Lihat ke Halaman Asli

Novaly Rushans

TERVERIFIKASI

Relawan Kemanusian, Blogger, Pekerja Sosial

Menimbang Maksud dari Zaken Kabinet

Diperbarui: 11 September 2024   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (sumber : Felixmittermeier/Pixabay

Belakangan ini terdengar istilah Zaken Kabinet, Awalnya saya tidak mengerti istilah zaken kabinet. Terpaksa saya  browsing menggunakan Chat GPT , si AI yang sok tahu segalanya ini memberikan jawaban yang kurang lebih seperti ini, Zaken kabinet adalah kabinet dalam politik Belanda yang isinya para profesional  non partai. Zaken kabinet biasa digunakan saat terjadi transisi pemerintahan karena suatu masalah.

Zaken kabinet bersifat sementara hingga pemerintah resmi terbentuk melalui mekanisme pemilu. Itu jawaban artificial intelligence (AI) , bisa benar bisa juga salah.

Sebulan lagi pemerintahan baru akan dibentuk, Prabowo sebagai presiden akan menyusun para pembantunya, kabinet menteri yang akan mengepalai institusi kementerian. Seperti pemerintahan layaknya, seorang menteri bisa diusulkan partai pendukung koalisi atau partai yang baru masuk bergabung dalam koalisi pemerintah.

Kabinet menteri bisa diisi hibrid, antara orang usulan partai dan orang profesional. Karena jabatan seorang menteri lebih bersifat politis ketimbang teknis, atau malah sebaliknya bersifat teknis ketimbang politik. Mungkin tergantung bidangnya.

Sebulan ini pembicaraan calon menteri akan terus terdengar, setiap orang yang merasa dekat dengan Prabowo kadang memberikan sedikit clue, seperti Hashim Djojohadikusumo yang mengisyaratkan sebagian  menteri berasal dari lulusan SMA Taruna Nusantara di Magelang. 

Prabowo mungkin mengambil pelajaran dari kabinet jilid 2 Presiden Jokowi yang sangat banyak diisi orang partai. Sehingga konflik kepentingan sangat mungkin terjadi. Kabinet Jokowi jilid 2 juga diisi ketua relawan pendukung pemenangan Jokowi. 

Ada  dugaan bila pemerintahan mayoritas diisi orang partai   maka  pemerintahan akan bersifat politis, ia membawa latar belakang partai atau dukungan partai. Sehingga jalannya roda pemerintahan mirip gaya partai politik, kadang nuansa pencitraannya kental, simbolik dan tidak menyelesaikan hingga akar masalah. 

Maka harapan Zaken Kabinet seperti membawa angin segar. Orang yang kompeten dan profesional yang akan dipilih menjadi menteri. Ini sebuah kemajuan dan terobosan yang berani.

Dalam sebuah kesempatan Prabowo juga pernah mengeluarkan pernyataan akan membawa sebagian menteri kabinet Jokowi dalam pemerintahannya. Mungkin orang yang berpengalam akan lebih cepat bergerak dan  tidak memerlukan waktu untuk  adaptasi lagi, bisa langsung gaspol.

Siapa orang yang akan dipilih kembali hanya Prabowo yang tahu, yang pasti orang ini punya prestasi yang mengagumkan saat menjabat menteri sebelumnya. Pilihan membawa menteri pemerintahan  sebelumnya opsi yang masuk akal dan bisa diterima. 

Apakah Partai Bisa Menerima ?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline