Lihat ke Halaman Asli

Novaly Rushans

TERVERIFIKASI

Relawan Kemanusian, Blogger, Pekerja Sosial

Manuver Keluarga Solo, Akan ke Mana Arahnya?

Diperbarui: 22 Oktober 2023   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gibran bersama Puan Maharani dalam sebuah acara (sumber gambar: Kompas.com)

Peta politik jelang Pilpres 2024 terus berubah secara dinamis, perkembangannya berjalan cepat. Prediksi media arus utama dan pakar sering berubah dan meleset. Dua koalisi partai telah resmi mendaftar ke KPU. Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dan Koalisi PDIP mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Publik terus dibuat menunggu perkembangan selanjutnya. Tinggal satu Koalisi Indonesia Maju yang belum memastikan nama Cawapres yang akan diusungnya. Nama nama yang santer disebutkan seperti Erick Thohir, Airlangga Sutanto, Ridwan Kamil, Yusril Ihza Mahendra, Khofifah Indar Parawansa, Yenny Wahid seperti akan kandas.

Nama besar sekelas Erick Thohir yang sudah terpasang dalam banyak spanduk di Kota Depok bersanding dengan Prabowo seakan akan tinggal kenangan digantikan dengan spanduk Prabowo - Gibran di sepanjang jalan di Kabupaten Bogor dan sebagian Jawa Tengah.

Dalam kabar yang santer, pengumuman cawapres Prabowo akan diumumkan pada Minggu (22/10). Nama Gibran Rakabuming Raka nampaknya akan diumumkan secara resmi oleh koalisi Indonesia maju (KIM). Apalagi ada acara pada sabtu malam minggu di kawasan Tugu Proklamasi, Indonesia Memanggil Gibran.

Acara ini dihadiri para warga untuk menunjukkan dukungannya kepada putra sulung Presiden Jokowi. tentu acara ini merupakan sebuah aksi dukung mendukung yang semakin terbuka. 

Fenomena Gibran menjadi calon cawapres Prabowo memang menjadi berita paling ditunggu. Sebelumnya, sang adik Kaesang Pangarep juga telah resmi menjadi ketua umum PSI. Putra bungsu Presiden Jokowi kini telah malang melintang di jagad perpolitikan Indonesia. Iklannya di televisi sudah semakin sering. 

Bergabungnya Kaesang ke PSI merupakan langkah penting dalam memainkan bidak catur perpolitikan di Indonesia. Dengan menjadi driver di sebuah Partai Politik, Kaesang jelas akan memiliki nilai tawar yang jauh lebih tinggi. Suami dari Erina Gudono ini akan bisa memberikan dukungan ke salah satu capres dan bergabung dalam koalisi.

Ini dua langkah dari keluarga Solo memainkan peran politiknya. Presiden Jokowi tentu mengetahui langkah apa yang harus ia ambil pada masa masa akhir kekuasaanya. isu melanjutkan pembangunan versi Jokowi menjadi satu agenda sangat penting.

Ganjar sendiri secara terang terang memasang foto  Presiden Jokowi berdampingan sebagai sebuah isyarat bahwa dirinya adalah penerus resmi dari pemerintahan Jokowi saat ini. Citra ini terus dibangun kubu Ganjar, untuk meraup suara pendukung Jokowi yang diperkirakan masih sangat besar.

Kubu Prabowo juga  tak mau kalah selalu membawa sosok Presiden Jokowi dalam setiap pengenalan ke masyarakat. Bahkan nama koalisi yang dibangun serupa dengan nama kabinet Presiden Jokowi saat ini. Seperti copy paste sebagai representasi Prabowo adalah penerus Presiden Jokowi.

Manuver yang Semakin Jelas 

Presiden Jokowi nampaknya cukup piawai dalam memainkan strategi, bidak bidak catur telah digerakkan.P residen  Jokowi masih memiliki kekuatan yang didukung relawan relawan yang pernah menjadi pendukung utamanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline