PENDAHULUAN
Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura
Apa itu Teori Pembelajaran Sosial?
SLT sering digambarkan sebagai 'jembatan' antara teori pembelajaran tradisional ( behaviorisme) dan pendekatan kognitif. Hal ini karena pendekatan ini berfokus pada bagaimana faktor mental (kognitif) terlibat dalam pembelajaran.
Tidak seperti Skinner, Bandura (1977) percaya bahwa manusia adalah pemroses informasi aktif dan memikirkan hubungan antara perilaku mereka dan konsekuensinya.
Teori pembelajaran sosial Albert Bandura menyatakan bahwa orang mempelajari perilaku baru dengan mengamati dan meniru orang lain.
Teori ini menekankan pentingnya pembelajaran observasional, di mana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, dan keyakinan dengan mengamati tindakan orang lain dan konsekuensi yang mengikutinya, yang mengarah pada pemodelan dan adopsi perilaku yang diamati.
Asumsi
Teori pembelajaran sosial, yang dikemukakan oleh Albert Bandura, menekankan pentingnya mengamati, memodelkan, dan meniru perilaku, sikap, dan reaksi emosional orang lain.
Teori pembelajaran sosial mempertimbangkan bagaimana faktor lingkungan dan kognitif berinteraksi untuk memengaruhi pembelajaran dan perilaku manusia.
Dalam teori pembelajaran sosial, Albert Bandura (1977) setuju dengan teori pembelajaran behavioris tentang pengkondisian klasik dan pengkondisian operan . Namun, ia menambahkan dua gagasan penting: