Lihat ke Halaman Asli

Nova Anisa

Mahasiswa

Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Diperbarui: 19 Februari 2024   00:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Museum Perjuangan Rakyat jambi Museum Perjuangan Rakyat Jambi ini berdiri di Jl. Sultan Agung dan Jl. Slamet Riyadi.
Museum ini didirikan sebagai wujud dari pentingnya bangunan sebagai monumen untuk mengenang sejarah perjuangan rakyat jambi semasa pergerakan nasional untuk kemerdekaan indonesia.

Sejarah jambi digambarkan dengan adanya empat buah relief pada depan dinding bangunan tersebut, dimulainya dari masa zaman Melayu kuno jambi (hindu budha) masa kesultanan jambi. Pada masa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan saat itu dalam masa pembangunan Indonesia orde baru.
Pahlawan nasional dari jambi yaitu  Sultan Thaha Saifuddin diwujudkan dalam bentuk sebuah patung dan diapit oleh dua patung harimau sumatera yang dipercaya sebagai simbol semangat perjuangan bersama rakyat berperang melawan penjajah dari Belanda pada tahun 1855-1904, perjuangan ini dapat dilihat dari lukisan tersebut.

Museum ini sebagian koleksi besarnya merupakan benda benda yang berkaitan dengan sejarah petinggalan pada masa perjuangan kemerdekaan. Salah satu koleksi yang sangat bersejarah didalam museum tersebut adalah replika Pesawat Terbang Catalina RI 005 yang dipajang di halaman museum. Awalnya Catalina disewa oleh Dewan Pertahanan Daerah Jambi dari seorang mantan penerbang RAAF (Royal Australian Air Force) bernama Kobley, untuk kepentingan perjuangan mempertahankan dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tugasnya adalah membawa senjata, makanan, pakaian, dan perlengkapan militer atau petugas militer dan sipil yang menghubungkan antara Kota Jambi, Bukit Tinggi, Prapat, Banda Aceh, Tanjung Karang, Jogjakarta dan Singapura.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline