Sidoarjo, 19 Juni 2022, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program pengabdian kepada masyarakat dengan ilmu yang sudah ditempuh di perguruan tinggi. Tahun in, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau yang kerap disebut UNTAG, mempunyai tema Kebangkitan Ekonomi di Ekonomi Kerakyatan di Era Endemi dnegan beberapa sub tema.
Nova Natalia Fitri Anggreani atau disapa dengan Natali, mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis memilih sub tema Digitalisasi pada UMKM dan dibawah dosen pembimbing lapangan yaitu Dra. Noorshanti Sumarah M..I.Kom. Natali melaksanakan KKN nya di Jl. Randu Asri RT 03 RW 02 Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. UMKM yang dipilih Natali ada 3 (tiga), Nasi Ayam Geprek +62, Nasi Goreng Jawa dan Pisang Keju Suka-Suka.
Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran berbasis internet yang memanfaatkan media sosial atau perkembangan teknologi untuk mengembangkan UMKM. Natali mengutamakan untuk mendaftarkan ketiga UMKM pada marketplace yang ada yaitu Go-Food,
Grab-Food dan Shopee-Food karena melalui penjualan secara online dapat membantu pemasukan bagi penjual yang dulunya hanya dikenal oleh lingkungan sekitar, dengan adanya Marketplace banyak orang yang mengetahui UMKM tersebut. Membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk pendaftaran sampai pada mitra bisa menggunakan aplikasinya sebagai media penjualan online.
Selain melakukan digitalisasi, Natali juga membuat beberapa inovasi produk pada setiap mitra, membuat banner dan logo agar sebagai media promosi, dan melalukan packaging yang lebih menarik. menurut testimoni salah satu mitra yaitu mitra Nasi Ayam Geprek +62, penjualan mengalami peningkatan yang lumayan tinggi dimana penjualan secara online sangat membantu mitra.
Natali berharap setelah kegiatan KKN ini, UMKM dapat lebih berkembang dan pemasukan lebih bertambah pungkasnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H