Saat ini digital marketing telah menjadi aspek penting dalam dunia bisnis, pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan pesatnya pertumbuhan pasar online. Adanya digital marketing memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia bisnis, dimana komunikasi dan pemasaran kepada konsumen menjadi lebih mudah dan efektif.
Kemajuan teknologi saat ini memaksa entitas ekonomi untuk meningkatkan strategi pemasarannya agar dapat bersaing dengan entitas ekonomi lainnya. Untuk mempromosikan produknya agar usahanya semakin dikenal luas maka diperlukan suatu strategi teknis yaitu digital marketing.
Para pelaku bisnis kampung kaos juga sudah menerapkan digital marketing dalam bisnisnya. Kampung Kaos merupakan sebuah desa di Dusun Drojogan, Desa Sidomulyo, dimana mayoritas pembuat kaos berada. Namun terdapat satu kendala yaitu bentuk pemasaran digital yang dilakukan oleh Kampung Kaos hanya sebatas pemasaran melalui jejaring sosial, khususnya Facebook. Tim KKN Universitas Tidar memberikan dukungan terhadap perluasan digital marketing dengan melakukan kegiatan sosialisasi digital marketing yang berfokus pada pemasaran melalui aplikasi TikTok.
Terlaksananya sosialisasi Digital Marketing oleh Bapak Jalu, S.E., M.Ec. Dev. selaku Dosen Pendamping Lapangan yang memberikan pemahaman tentang proses pemasaran melalui digital secara detail memberikan dampak yang positif bagi para peserta, salah satunya oleh Bapak Sodik yang mewakili kampung kaos sendiri, beliau merupakan salah satu pengusaha sablon yang sangat menginginkan Kampung Kaos Dusun Drojogan dapat berkembang secara pesat.
Setelah kegiatan sosialisasi digital ditindaklanjuti dengan fokus pada pembuatan konten di tiktok karena sekarang promosi paling banyak di media sosial TikTok. Didukung oleh Laksamana Dzulfikar Wibowo, S.I.Kom. salah satu tokoh yang expert dalam sosial media, dibagikan metode untuk meningkatkan kemampuan para pelaku usaha di kampung kaos. Dengan mengumpulkan pengusaha kampung kaos, mahasiswa KKN Universitas Tidar melakukan pendampingan bagaimana cara pembuatan akun bisnis tiktok, pembuatan konten yang sedang tren dan juga tips dan trik meningkatkan promosi penjualan.
Tim KKN Universitas Tidar berharap dengan adanya kegiatan tersebut tidak hanya akan berhenti sampai disitu, tetapi dapat terbentuk keberlanjutan untuk terus meningkatkan kemauan mengikuti tren guna memperluas promosi dan penjualan.
Penulis,
Tim KKN Universitas Tidar Desa Sidomulyo