Lihat ke Halaman Asli

Nova Atmalisa Nurhaliza

Mahasiswa Manajemen

Bagaimana Cara Menjaga Ketahanan Nasional Indonesia di Masa Pandemi Ini?

Diperbarui: 2 Juni 2021   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Terlebih dahulu kita bahas pengertian ketahanan nasional. Ketahanan berarti kuat, keteguhan hati, atau ketabahan. Dan nasional adalah penduduk yang tinggal di suatu wilayah dan berdaulat. Jadi, Ketahanan Nasional adalah sebuah kondisi dalam suatu bangsa yang mencakup unsur ketangguhan, kemempuan, serta keuletan untuk mengembangkan suatu daya atau kekuatan nasional yang dapat digunakan untuk menghadapi segala bentuk ancaman, hambatan, gangguan, maupun tantangan yang menyerang bangsa dan negara baik dari luar maupun dalam, langsung maupun tidak langsung, yang dapat membahayakan serta mengancam kelangsungan hidup, identitas, maupun integritas bangsa dan negara serta segala daya dan upayanya dalam mencapai tujuan nasional.

Persebaran virus corona yang sangat cepat yang membuat resah pemerintah maupun masyarakat seluruh dunia. Pada data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat 176 negara salah satunya Indonesia yang ikut terkonfirmasi virus corona ini. Dengan ini membuat pemerintah Indonesia meminta seluruh eleman masyarakat untuk tenang dan melaksanakan semua aktivitas di dalam rumah, seperti bekerja, beribadah, dan belajar dari rumah. 

Jika pandemi ini terus berlanjut dan tidak ada ujungnya maka akan membuat pertahanan nasional menjadi terganggu. Ancaman nyata yang akan terjadi jika pandemi ini tidak segera berakhir adalah akan memperlambat perekonomian Indonesia maupun negara-negara di dunia, karena pemerintah menetapkan pembatasan gerak. Kegiatan ekspor-impor terganggu, devisa negara menurun, kacaunya keuangan suatu negara dan lain sebagainya. 

Terdapat beberapa aspek ketahanan nasional yang meliputi Aspek Alamiah (Trigatra) yang meliputi Letak geografis negara, Kekayaan alam dan Keadaan ataupun kemampuan penduduk. Sedangkan Aspek sosial (Pancagatra) meliputi Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial budaya dan Pertahanan dan keamanan. 

Dengan adanya aspek-aspek diatas dapat dimanfaatkan untuk menjaga kestabilan nasional. Salah satunya kekayaan alam Indonesia yang harus dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik agar bisa dinikmati, sehingga sedikit dapat mengurangi beban masyarakat dengan diberlakukannya PSBB ini karena dengan kekayaan alam yang ada di sekitar dapat membuat masyarakat untuk memanfaatkannya. 

Selain itu, dengan pemerintah menjalankan program-program yang telah disusun untuk menanggulangi dampak pandemi ini dengan baik dan adil akan memberikan efek yang signifikan dalam ketahanan nasional, sehingga semua kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi tanpa adanya ketimpangan satu sama lain. Ketahanan nasional akan baik-baik saja jikalau masing-masing aspek ini dikelola dengan baik dan lebih efektif. 

Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan nasional diperlukan kesadaran setiap warga negara Indonesia, yaitu : memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan non fisik yang berupa keuletan dan ketangguhan yang tidak kenal menyerah, sadar dan peduli terhadap pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek sosial (Pancagatra), sehingga dapat meminimalisir pengaruh tersebut, menaati dan mematuhi peraturan yang telah dibuat pemerintah untuk kebaikan bangsa, negara dan seluruh elemen masyarakat, tetap memakai masker untuk meminimalisir tersebarnya virus ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline