Lihat ke Halaman Asli

Dana Desa Beringin Jaya

Diperbarui: 8 Mei 2023   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Beringin Jaya adalah desa yang terletak di Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan, Indonesia. Desa Beringin Jaya dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Musi Rawas No. 6 Th. 2009 Tentang Pembentukan Desa Beringin Jaya Kecamatan Rupit. Desa beringin jaya merupakan salah satu desa penyokong ibu kota kabupaten Musi Rawas Utara yakni kecamatan Rupit, letak nya yang strategis dekat dengan pusat pemerintahan membuat desa ini menjadi salah satu desa yang sering kali di jadikan tempat untuk beberapa kegiatan yang berbasis kewilayahan.

Walaupun demikian kondisi infrastruktur desa masih belum sepenuhnya baik, masih banyak ruas jalan yang kondisi nya memprihatinkan padahal itu merupakan akses sehari-hari warga di desa beringin jaya.

Hal ini di sebabkan karna jalan tersebut merupakan wewenang dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat sehingga pemerintah kabupaten Musi Rawas Utara tidak memiliki wewenang atas jalan tersebut, namun pemerintah kabupaten Musi Rawas 

Utara tahun 2023 akan mengusahakan untuk dapat memperbaiki jalan tersebut.
Desa beringin jaya sendiri memiliki anggaran dana yang berasal dari dana APBN berupa dana desa yang pada tahun 2022 berjumlah Rp. 921.481.000 yang dimana dana tersebut di pergunakan untuk bantuan tunai langsung atau BLT sebesar kurang lebih 300 jt an.
Hal tersebut masih termasuk Kecik bila di banding dengan desa-desa tetangga yang dana desa nya sudah melebihi angka 1 Miliar Rupiah. 

Hal tersebut termasuk wajar karna desa beringin jaya sendiri termasuk desa yang terbilang masih baru bila dibandingkan dengan desa-desa tetangga. Namun hal tersebut juga menjadi permasalahan bagi pemerintah desa, karna pemerintah desa harus bisa dan pandai memanfaatkan dana yang tidak terlalu besar untuk membangun desa beringin jaya agar masyarakat nya bisa sejahtera.  

Desa beringin jaya sendiri masyarakat nya mayoritas berprofesi sebagai petani dan juga buruh pabrik, dan wilayah desa beringin jaya sendiri itu kebanyakan masih berbentuk hutan yang di pisahkan oleh sungai.

Banyak warna yang memiliki lahan perkebunan di seberang sungai, dengan demikian pemerintah desa beringin jaya membuat kebijakan pembangunan jembatan gantung untuk dapat mempermudah akses warga nya ke lahan perkebunan mereka.

Bayangkan saja dengan dana 900 jt pemerintah desa harus bisa membangun sebuah jembatan gantung yang biaya nya tentu saja tidak lah murah, belum lagi harus memikirkan pembangunan jalan-jalan akses sehari-hari warga, dan juga harus memikirkan masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Walaupun dengan segala permasalahan yang ada desa beringin jaya terus berkembang dan membenahi diri supaya bisa menjadi desa yang maju karna desa ini adalah salah satu desa penyokong ibu kota kabupaten Musi Rawas Utara.

Saya harap dengan ada nya artikel saya ini dapat menjadi salah satu sumber pemahaman baru bagi para pembaca dan juga agar nantinya anggaran dana desa untuk desa beringin jaya kedepannya bisa di tingkatkan lagi mengingat permasalahan yang di hadapi dan tuntutan karna harus menjadi salah satu desa penyokong ibu kota kabupaten Musi Rawas Utara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline