Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Es Jeruk

Diperbarui: 7 Maret 2023   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ES JERUK

*PENGERTIAN ES JERUK

Biasanya minuman ini mengandung sedikit atau sari buah jeruk dan sebagian besar terdiri dari air, gula atau pemanis, perasa, pewarna, dan zat adiktif. Minuman ini biasanya memiliki nilai nutrisi yang rendah walaupun banyak yang diperkaya dengan vitamin C. Pada 2002, bagaimanapun "minuman berperasa jeruk yang murah dan diperkaya" dikembangkan dengan tujuan meningkatkan nutrisi di Dunia Ketiga dengan menambahkan Vitamin A, Besi, dan Iodin pada bahan makanan seseorang.

Karena minuman jeruk bisa disamakan dengan jus jeruk, pemerintah Amerika Serikat mensyaratkan minuman jeruk dan minuman lainnya yang memiliki kata buah untuk menjelaskan berapa presentasi kandungan jus di atas label nutrisi dan mensyaratkan perusahaan untuk menyatakan bahwa produk tersebut adalah minuman jeruk, bukan jus jeruk.

*SEJARAH ES JERUK

jeruk diperkirakan berasal dari Cina selatan, India bagian timur laut dan kemungkinan Asia tenggara (Indochina)! Jeruk di Eropa dan Timur Tengah diperkirakan tumbuh secara alami, tetapi para ahli sejarah masa kini percaya bahwa nenek moyang pohon jeruk, Citrus medica diperkenalkan oleh Alexander Agung dari India ke Yunani, Turki, dan Afrika Utara di akhir abad ke 4. Jenis citrus yang paling kuno disebut "citron".

Pencatatan pertama jenis jeruk, Citrus medica L. di sejarah Eropa dilakukan oleh Theophrastus pada tahun 350 SM, setelah pengenalan jeruk oleh Alexander Agung. Dalam sejarah awal Eropa, para penulis menuliskan tentang jeruk Persia yang memiliki aroma yang harum dan dipercaya dapat menjadi obat bagi keracunan, pengharum nafas dan penolak rayap.

Jeruk dikenal dengan sangat baik oleh kebudayaan Yunani dan kemudian Romawi. Keramik indah bergambarkan jeruk dan pohonnya ditemukan di reruntuhan Pompeii setelah kota tersebut dihancurkan oleh erupsi vulkanik oleh Gunung Vesuvius di 79 M. Mosaik lain ditemukan di reruntuhan villa Romawi di Kartago, Afrika utara di abad ke 2 M.

*ISI KANDUNGAN

Selain kesegaran yang didapatkan, minuman segar ini juga kaya akan nutrisi, vitamin C hingga kalium yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh. Jeruk sendiri memiliki berbagai kandungan gizi diantaranya air, energi, karbohindrat, gula, lemak, protein, thiamin, riboflavin, folat, kalsium dan sebagainya.

*MANFAAT ES JERUK

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline