Lihat ke Halaman Asli

Noto Susanto

Menata Kehidupan

Menikmati Masakan Nusantara Menjadi Budaya Masyarakat Indonesia?

Diperbarui: 11 Desember 2020   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

photo lifestyle.okezone.com, id.wikipedia, dan photo liputan6.com


Setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing dalam membuat resep makanannya, sehingga menjadi istimewa bagi penikmatnya, beraneka ragam suku, ras, bahasa, dan budaya menjadi kebanggan tersendiri terutama dalam menikmati masakan daerah tersebut.

Beraneka ragam adalah bahwa bangsa Indonesia memiliki masakan yang bisa di santap dengan rasa yang berbeda juga, artinya masakan tersebut tergantung pecintanya sesuai selera lidah masing-masing.

Apa sebetulnya yang menjadi rasa berbeda di antara masakan dari masing-masing daerah, terutama yang di rasakan lidah, artinya selera lidah orang Sumatera tentunya berbeda dengan selera lidah orang Jawa. Seperti orang jawa identik rasa manis sedangkan Sumatera dengan rasa pedas.

Selera lidah yang dirasakan menjadi pengalaman tentunya tidak bisa terlupakan, dan bisa diceritakan kepada siapa saja akan menikmati masakan daerah yang pernah anda makan, dengan istilah lain perbanyak lah mencicipi masakan setiap daerah, maka menjadi lebih tau terhadap makanan tersebut.

Berbagai macam rasa yang dinikmati seperti gurih, nikmat, sedap, pedas, manis, dan rasa lainya. Semuanya menjadi 'Maknyuss' jika anda merasakan masakan dengan santapan lezat dan sehat.

Seperti apa masakan yang lezat dan sehat yang bisa di rasakan seluruh masyarakat Indonesia baik dari desa dan di kota, mungkin kita semua sudah kenal masakan yang satunya dan di sukai semuanya.

Masakan 'Rendang Padang' adalah masakan daging yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat, masakan ini dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan kelapa.

Rendang Padang masakan populer yang disukai oleh masyarakat Indonesia, selain rasanya mantap dan lezat dan hal yang paling penting masakan ini lebih mudah di cari, baik di kota atau di desa.

Selanjutnya masakan rendang pandang tidak hanya di sukai masyarakat Indonesia saja namun sampai ke manca negara, artinya sudah bisa di cari dan di nikmati Negara-negara Asia tenggara lainnya, seperti Malaysia, Brunei darusalam, Filipina, dan Thailand. 

Menurut kutipan Wikimedia Indonesia pada tahun 2011, bahwa rendang Padang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar 'World's 50 Most Delicious Foods' (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN Internasional. Sedangkan pada tahun 2018, rendang Padang resmi di tetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional indonesia.

Hidangan nasional di Indonesia selain rendang pandang seperti Sate, Nasi goreng, Soto, dan Gado-gado. Sepeti kita ketahui bersama memang betul adanya selain rendang pandang bahwa masakan Nusantara lainya, menjadi santapan hidangan masyarakat Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline