Scorpio 2008 yang pernah menjadi koleksi nosvelos (cek garasi) meninggalkan kesan mendalam di benak nubi. Motor tersebut pernah menemani nubi wira wiri sepanjang tahun 2009 - 2010. Sense of riding yang didapat bisa dikatakan unik karena sekalipun memiliki kubikasi yang cukup besar -225cc- namun pengendaliannya sangat mudah dan relatif lincah bahkan jika dibandingkan dengan kompetitornya yang memilki kubikasi mesin yang lebih rendah, 200cc. Sayangnya motor yang masih sangat mulus ini ini harus nubi lepas karena nubi sempat harus bekerja di luar pulau Jawa selama setahun, dan pada waktu itu tidak ada orang rumah yang bisa nubi percaya untuk mengurus motor nubi. Sekembalinya ke Jakarta, niat terpendam untuk kembali mengoleksi Scorpio muncul, #galau, dan kali ini nubi justru mencari Yamaha Scorpio generasi pertama. Alasannya simpel saja, nubi suka modelnya yang sudah mulai klasik. Ternyata mencari Scorpio generasi pertama (muncul mulai tahun 2001 - 2004) yang relatif orisinil dan dalam kondisi baik tidak semudah yang nubi kira. Kriteria orisinil yang nubi cari terutama adalah pada parts tangki, shroud, lampu depan, body belakang, perangkat lampu belakang dan spatbor belakang. Sewaktu hunting, nubi menemukan bahwa banyak pemilik Scorpio generasi pertama yang justru mengganti parts yang nubi sebutkan sebelumnya dengan parts Scorpio generasi berikutnya. Entah apa alasannya, mungkin untuk mengejar ketertinggalan model. Dan sayangnya lagi, parts ori yang diganti biasanya sudah tidak lengkap, entah sudah dijual atau hilang. Jadi pencarian nubi masih berlanjut, sampai pada Februari 2012 yang lalu nubi menemukan sebuah lapak di sebuah forum jual beli yang menawarkan Scorpio 2004 dengan kriteria yang seperti nubi cari, well... kurang lebih lah ya. Ada beberapa parts yang sudah diganti, misalnya velg sudah CW berukuran 17" (yg ini nubi tidak keberatan sama sekali), spion, stang dan spatbor depan yang masih acceptable, imho. Yang menggembirakan adalah bahwa semua parts ori yang diganti masih disimpan oleh sang pemilik, jempolan. Via foto di lapak, penampakan keseluruhan Scorpio 2004 ini masih kental dengan karakter Scorpio generasi pertama. Nubi menghubungi pemilik lapak via telpon untuk menanyakan mengenai kondisi motor, kelengkapan, dll. Sepertinya semua cukup ok hanya sayang harga yang ditawarkan waktu itu agak terlalu tinggi untuk budget nubi, so no deal. Dari pengalaman sewaktu hunting nubi menemukan bahwa harga Scorpio generasi pertama ini relatif tidak memiliki patokan harga yang pasti, mungkin karena sudah jarang ditemukan dalam kondisi orisinil dan baik, cmiiw. Beberapa Scorpio generasi pertama lain yang nubi temui malah ada yang memasang harga lebih tinggi lagi. Memang untuk niat mendapatkan Scorpio generasi pertama dalam kondisi baik, nubi harus rela menyiapkan budget yang sebenarya bisa untuk mendapatkan Yamaha Scorpio yang lebih muda. Singkat cerita dalam waktu tidak terlalu lama sang pemilik kembali menghubungi nubi dengan sedikit menurunkan harga, tawar menawar kembali terjadi dan kali ini, deal. Setelahnya nubi mengecek langsung kondisi motor ini untuk pertama kali dan menemukan bahwa kondisi motor masih baik, so I closed the deal. Resmi sudah Yamaha Scorpio 2004 ini masuk koleksi nosvelos pada tanggal 22 Februari 2012, KM pada waktu akuisisi tercatat 42.8xx. Berikut penampakannya, beberapa gambar berasal dari pemilik lama.
[caption id="" align="alignnone" width="480" caption="Spatbor belakang, ciri khas lain pada Scorpio generasi pertama, tanpa lubang untuk lampu sein."]
[/caption] Motor ini nubi sempat bawa touring ke Cirata bersama rekan2 Spartan pada tanggal 25 Februari 2012, untuk riding reportnya akan nubi tuangkan dalam tulisan lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H