Lihat ke Halaman Asli

Norma Olifia

Mahasiswa

Pengaruh Teknologi terhadap Pendidikan saat Pandemi Covid-19

Diperbarui: 29 Juni 2024   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IAP2 Indonesia

Di era modern ini, pasti kita tidak asing dengan yang namanya teknologi. Keberadaan teknologi di zaman sekarang sangat membantu kehidupan manusia dalam kebutuhannya sehari-hari dalam bidang apa pun. Dengan adanya teknologi juga dapat mempermudah kita dalam mengakses sesuatu secara akurat, efektif, dan efisien. Seiring perkembangan zaman teknologi juga semakin canggih. 

Seolah-olah teknologi mengerti apa yang manusia butuh kan di masa depan demi mempermudah hidup mereka. Sebelum menganalisis lebih lanjut tentang teknologi, kita akan sedikit menjelaskan tentang Apa itu teknologi? Teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang dibuat oleh manusia yang di dalamnya berisi tentang sarana yang menyediakan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia. 

Teknologi berisi tentang keterampilan, seni, sumber daya, dan metode kerja guna menciptakan suatu alat yang dapat memudahkan manusia ketika menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga teknologi sering digunakan bahkan dikembangkan kecanggihannya yang bertujuan untuk merubah kehidupan manusia yang lebih maju dan menjamin kehidupan manusia yang lebih efektif, nyaman, efisien, dan sejahtera.

Setelah mengetahui pengertian teknologi tersebut, kita dapat mengerti bahwa pengaruh teknologi di zaman modern ini yang serba canggih memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Contohnya seperti yang akan kita bahas dalam artikel ini, yaitu mengenai pengaruh teknologi terhadap pendidikan. Di zaman sekarang khususnya dalam bidang pendidikan, teknologi sangat berguna dalam membantu metode pembelajaran mengajar. 

Seperti pada saat Indonesia ikut terdampak akibat penyakit Covid-19. Guru-guru menggunakan teknologi dalam memberikan pengajaran bagi muridnya. Biasanya mereka menggunakan teknologi yang dapat memunculkan materi dengan berbentuk seperti audio visual. Di sana mereka dapat memberikan pembelajaran dengan berupa video-video yang menarik yang dapat menjelaskan tentang materi pembelajaran mereka. 

Tanpa membuat guru-guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Dengan hal ini juga dapat membuat murid merasa tertarik untuk memerhatikan isi dari video tersebut. Karena sistem pembelajaran yang tidak bersifat monoton.

Selain hal-hal yang saya sebutkan, kemajuan teknologi dapat memotivasi para pelajar untuk lebih semangat dalam belajar. Melalui penggunaan alat teknologi seperti komputer, hp, laptop, dan lain-lain mereka dapat mengakses sumber belajar yang inovatif. 

Mereka juga dapat melakukan pembelajaran jauh secara online (atau yang biasa kita sebut daring yaitu dalam jaringan) dengan adanya teknologi. Seperti pada saat terjadinya kendala pada masa Covid-19 yaitu terbatasnya jarak, keterbatasan komunikasi fisik, harus selalu berada di rumah, dan lain-lain. 

Mereka dapat tetap melanjutkan materi pembelajaran secara online seperti menggunakan aplikasi zoom, gmeet, google classroom dan aplikasi sejenis lainnya, yang dapat memfasilitasi penggunanya agar tetap semangat dalam menuntut ilmu meskipun harus dilakukan secara online, tanpa berinteraksi langsung di dalam kelas.

Dengan penggunaan teknologi juga kita dapat mengakses sumber daya pendidikan diseluruh dunia menggunakan internet. Internet dapat membantu kita untuk mencari informasi dalam sumber online seperti google, youtube, atau aplikasi yang lain. Internet juga dapat menghubungkan aplikasi online satu dengan yang lainnya. Dalam pendidikan hal ini dapat memudahkan guru untuk memantau perkembangan murid dalam hal pembelajaran materi, ujian secara online, dan keterlibatan siswa dalam kelas berupa absensi kehadiran. Selain dalam hal pembelajaran, teknologi dan internet juga memudahkan kita saat berkomunikasi. 

Misalnya berkomunikasi virtual melalui pesan secara instan, contohnya seperti saat kita menggunakan aplikasi whatsapp. Di sana kita dapat mengirimkan pesan apapun hanya dengan menggunakan teknologi dan internet, tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline