Lihat ke Halaman Asli

NOR DEWI SARI

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 IPA kelas C ULM

Aksi Nyata Topik 2 Perspektif Sosiokultural dalm Pendidikan Indonesia Kelas C IPA Gel 1 Tahun 2023

Diperbarui: 17 Maret 2024   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog: 

No.

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Menurut saya, topik 2 tentang dasar perspektif sosiokultural dalam pendidikan sebelum memulai proses pembelajaran sangatlah penting dan mendasar. Berikut beberapa poin penting yang saya catat dari topik tersebut:

1. Pentingnya Memahami Konteks Sosial dan Budaya:

Memahami latar belakang sosial dan budaya siswa sangatlah penting bagi seorang pendidik. Hal ini membantu pendidik untuk:

Mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai: Dengan memahami budaya dan kebiasaan siswa, pendidik dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.Membangun hubungan yang lebih kuat dengan siswa: Memahami latar belakang siswa memungkinkan pendidik untuk lebih memahami kebutuhan dan cara mereka belajar, sehingga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan suportif.Menciptakan lingkungan belajar yang inklusif: Perspektif sosiokultural mendorong pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang menghargai keragaman dan perbedaan, sehingga semua siswa merasa diterima dan dihargai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline