Lihat ke Halaman Asli

Noraini Latifah

Universitas Jember

Pelaksanaan Program Kerja Kelompok 126 KKN UNEJ Desa Wringin Anom dengan Tema Desa Peduli Kesehatan

Diperbarui: 1 Agustus 2023   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pemberian Obat Cacing Kepada Siswa TK dan SD di Desa Wringin Anom/Dokpri

Senin, 24 Juli 2023, mahasiswa KKN Kelompok 126 melakukan kunjungan ke tempat tinggal Bidan Farida, selaku Bidan Desa Wringin Anom 2 (bagian timur). Di sana, mahasiswa KKN Kelompok 126 berdiskusi bersama Bidan Farida terkait program kerja kelompok, yaitu R2PK (Rumah Remaja Peduli Kesehatan). Bidan Farida membantu mahasiswa KKN Kelompok 126 dengan memberikan kritik dan saran. 

Mahasiswa KKN Kelompok 126 juga bertemu dengan Kader Posyandu Remaja Dusun Barat Kebun untuk memaparkan program kerja dan menjalin kerja sama untuk kelancaran pembentukan R2PK.

R2PK (Rumah Remaja Peduli Kesehatan) merupakan komunitas yang dibentuk dengan tujuan sebagai pusat kegiatan untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo akan pentingnya kesehatan. Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan ini dilakukan melalui edukasi, pendampingan, dan partisipasi aktif dalam kegiatan kesehatan. 

R2PK (Rumah Remaja Peduli Kesehatan) dibentuk dengan harapan komunitas tersebut dapat merangkul seluruh masyarakat Desa Wringin Anom dari berbagai kalangan di bidang kesehatan. Komunitas ini juga diharapkan tidak hanya aktif ketika mahasiswa KKN Kelompok 126 berada di Desa Wringin Anom, tetapi komunitas ini dapat berkelanjutan meskipun mahasiswa KKN Kelompok 126 sudah menyelesaikan kegiatan KKN.

Kegiatan Pemberian Obat Cacing Kepada Siswa TK dan SD di Desa Wringin Anom/Dokpri

Selanjutnya pada Kamis, 27 Juli 2023, mahasiswa turut berpartisipasi dalam Kegiatan Pemberian Obat Cacing kepada Siswa Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Desa Wringin Anom. Mahasiswa KKN Kelompok 126 mengunjungi Taman Kanak-kanak PTPN XI-PG. 

Wringin Anom, Sekolah Dasar Negeri 1 Wringin Anom, Sekolah Dasar Negeri 2 Wringin Anom, dan Sekolah Dasar Negeri 3 Wringin Anom untuk membagikan obat cacing sesuai arahan Bidan Farida. Pemberian obat cacing ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting pada anak.

Kegiatan Pembuatan PMT Bersama Kader Posyandu Desa Wringin Anom/Dokpri

Pada hari Jumat, 28 Juli 2023, mahasiswa KKN Kelompok 126 mengikuti proses pembuatan dan pendistribusian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bersama kader posyandu Wringin Anom. 

Kegiatan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) ini dilakukan sebagai upaya penanganan masalah gizi pada balita dan ibu hamil. PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dilaksanakan selama 90 hari dengan memberikan menu makanan bergizi setiap hari kepada balita dan ibu hamil. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline