LAPORAN BEST PRACTICE
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA PGRI 1 PALEMBANG
OLEH : NOPRIANSAH, S.Pd
PENDAHULUAN
Minat belajar merupakan salah satu factor yang mempengaruhi aktifitas belajar siswa, dengan adanya Minat dalam diri siswa akan menumbuhkan keingintahuan dan kesenangan dalam diri siswa untuk terus belajar. Sebenarnya banyak yang mempengaruhi minat belajar siswa misalnya mata pelajaran dan guru yang diduga menjadi penunjang minat belajar siswa [1].
Keingintahuan dan kesenangan belajar itu bisa diperoleh dari materi yang diajarkan serta cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran, jika bahan pelajaran dan cara guru menyampaikan materi pelajaran tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tersebut tidak akan belajar dengan baik dan maksimal, karena tidak ada daya tarik bagi dirinya. Ia segan-segan untuk belajar, ia tidak memperoleh kepuasan dari pelajaran itu. Sebaliknya bahan pelajaran yang menarik minat siswa, lebih mudah dihafalkan dan disampaikan, karena minat menambah kegiatan belajar [2].
Menurut Slameto (2010) mengungkapkan beberapa indicator minat belajar yaitu: Perasaan senang, ketertarikan, penerimaan dan keterlibatan siswa. Minat belajar merupakan salah satu factor yang sangat penting untuk keberhasilan belajar siswa, karena muncul dari dalam diri siswa itu sendiri [3]. Sehingga guru memang sangat berpengaruh dalam menfasilitasi siswa belajar.
Guru hendaknya melakukan berbagai cara untuk mengusahakan Bagaimana pembelajaran berjalan menarik sehingga dapat membuat siswa merasa tertarik belajar, tetapi tetap memperhatikan karakteristik, kebutuhan belajar siswa dan pembelajaran yang menstimulasi kompetensi berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis.
Pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru untuk diterapkan. Pembelajaran berbasis masalah selanjutnya disebut PBL, adalah salah satu model pembelajaran dinilai efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Nurfaiz Subaktiyo dan Norida Canda Sakti (2023), dalam penelitiannya disimpulkan bahwa model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dalam penelitian Rusmin Husain dan Widya Natalia (2020) menyatakan bahwa model PBL berpengaruh positif signifikan terhadap minat belajar siswa.
Menurut Woa et al, (2018)Model PBL memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, menganalisis situasi, dan mengolah informasi yang mereka temukan [4] Model PBL tidak hanya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, tapi juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa, berpikir berdasarkan prinsip ilmu pengetahuan yang objektif, metodologis, sistematis dan universal [5].