Lihat ke Halaman Asli

Nopriana Hidayah Widihandayani

Perencanaan Wilayah dan Kota - UNEJ 2019

Studi Kelayakan Apakah Perlu Sih dalam Pembangunan?

Diperbarui: 28 April 2020   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pembangunan akan terus dilakukan seiring dengan banyaknya kebutuhan masyarakat. Pembangunan yang baik akan mempertimbangkan untuk siapa hasil pembangunan tersebut diperuntukan yakni kepada masyarakat. Pemerintah sebisa mungkin mengatur dan membuat rancangan pembangunan supaya layak bagi masyarakat. Pada pembahasan kali ini akan membahas tentang studi kelayakan.

Apa itu studi kelayakan ? ? ?

Studi kelayakan adalah kajian yang dilihat dari berbagai aspek, seperti aspek legalistas, aspek teknisnya, aspek pemasarannya, aspek social ekonomi maupun manajenem dan juga keuangan, yang hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan suatu proyek yang akan dijalankan. Studi kelayakan sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan terutama investor, bank, dan juga pemerintah.

Studi kelayakan ada yang berfokus pada studi kelayakan proyek. Studi kelayakan proyek adalah penelitian tentang dapat  tidaknya suatu proyek dilaksanakan dengan berhasil. Dipertimbangkan berbagai factor seperti manfaat bagi masyarakat luas yang bisa berwujud penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan sumber daya yang melimpah.

Tujuan dilakukannya studi kelayakan bermacam macam dan banyak sebab yang mengakibatkan studi kelayakan perlu untuk dilakukan. Suatu proyek baik besar maupun kecil pasti membutuhkan biaya dan bagi proyek yang besar, biaya atau investasi yang ditanam juga akan lebih besar.  Jadi perlu berhati hati dalam pembangunan proyek agar jangan sampai merugikan banyak pihak.

Studi kelayakan juga menganlisis berbagai hal seperti Analisa keuangan dan Analisa ekonomi.

Analisa keuangan atau financial adalah Analisa kelayakan yang melihat dari segi cash flow yakni perbandingan antara hasil penerimaan atau penjualan kotor (gross sales) dengan sejumlah biaya- biaya yang dinyatakan dalam nilai, bertujuan untuk mengetahui kriteria kelayakan atau keuntungan suatu proyek. Dalam menganalisa dapat menggunakan beberapa indicator seperti NPV, BCR, IRR.

Sedangkan Analisa ekonomi adalah Analisa yang dimaksudkan untuk mengetahui apakah suatu pembangunan yang akan dilakukan tersebut dapat menguntungkan atau tidak. Analisa ekonomi juga memperhatikan hasil total, maupun produktivitas atau keuntungan yang diperoleh dari berbagai sumber yang digunakan dalam suatu proyek untuk masyarakat dan perekonomian sebagai keseluruhan. Dalam menganalisa dapat menggunakan cara seperti Analisa Net Present Value (NPV) dan Benefict Cost Ratio (BCR).

Perkembangan suatu penduduk di suatu wilayah akan berpengaruh terhadap penyediaan sarana perekonomian di suatu wilayah. Salah satu sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yakni pasar. Di dalam suatu pasar akan terjadi kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini keberadaan pasar tradisional semakin tergeser oleh keberadaan pasar modern, selain itu kesan yang ditanamkan pada pasar tradisional ialah kondisi yang kumuh, kotor, tidak lengkap fasilitasnya.

Untuk menghidupkan kembali citra pasar tradisonal yang baik, Kabupaten Temanggung melakukan perbaikan atau merenovasi kembali pasar tradisional yang ada di sana. Salah satu pasar yang diperbaiki adalah Pasar Pahing Kedu yang berada di Desa Kedu, Kabupaten Temanggung. Sebelum melakukan proyek pembangunan perenovasian pasar perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu atau melakukan studi kelayakan untuk mengetahui aspek kelayakan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa investasi yang dibutuhkan untuk melakukan proyek perenovasian Pasar Pahing ialah sebesar Rp 3.780.620.481,00. Penilaian kelayakan umur ekonomis banguna selama 20 tahun didapatkan benefit ratio sebesar1, ddengan analisis titik impas kembali setelah 1,76 tahun untuk angsuran 3 tahun dan kembali setelah 2,22 tahun untuk masa angsuran selama 5 tahun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline