Lihat ke Halaman Asli

Penguatan Ukhuwah Islamiyah di Kalangan Remaja Masjid pada Bulan Ramadhan

Diperbarui: 28 Juni 2023   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGUATAN UKHUWAH ISLAMIYAH DI KALANGAN REMAJA MESJID PADA BULAN RAMADHAN

Noppiiya Ramadani

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia 

nopiaramadani736@gmail.com

   

ABSTRAK

Tulisan ini menjelaskan tentang penguatan ukhuwah islamiyah dikalangan remaja. Sebagai remaja kita harus mengetahui bahwa penguatan ukhuwah islamiyah dikalagan remaja pada bulan Ramadhan dapat berpengaruh pada prilaku untuk mejaga niali-nilai keislaman serta berpegaruh pula pada persaudaraan antar remaja lainnya.Apa bila dilandasi dengan ukhuwah islamiyah tersebut dapat merubah, sebab semakin tinggi kebersamaan atau ukhwah maka samakin tinggi pula kesadaran atau kerjasamanya dalam keremajaanya, maka sebaliknya jika rendah tingkat kesadaran atau ukhuwah maka akan menjadi rengggang dalam hubungan interaksi para remaja.

Kata kunci: penguatan, Ukhuwah islamiyah, remaja

PENDAHULUAN

  Pada zaman ini para remaja mempunyai banyak fasilitas dan memanfaatkannya dikehidupan sehari-hari, namun karena seiring perkembangan zaman tersebut ada yang tidak mampu dalam memanfaatkannya dapat berdamapak negative pada kehidupan para remaja. Maka dari itu sebagai remaja harus saling berhubungan baik dengan remaja lainnya, salah satunya dengan cara silaturrahim. Menyambung tali kasih sayang sangat di perlukan oleh para remaja, karena dapat mempererat tali kasing sayang dan mempererat persaudaraan antar remaja lainnya. 

 Ukhuwah bisa diartikan sebagai persaudaraan dan memperhatikan. Maka dalam persaudaraan harus adanya perhatian semua pihak yang merasa saling terikat. Ukhuwah islamiyah dalah ikatan yang melahirkan perasaan kasih dan kelembutan yang mendalam, cinta dan sikap yang saling menghormati satu sama lainnya yang diikat dengan akidah dan takwa. Persaudaraan dalam ukhuwah islamiyah bukan hanya sebatas antara saudara yang sedarah saja melainkan saudara seiman maka dalam hal ini ukhuwah islamiyah tidak dibatasi oleh suku, bangsa dan lainnya. Secara istilah Ukhuwah Islamiyah merupakan kekuatan iman dan spiritual yang dikasih Allah kepada hamba-Nyayang beriman dan yang bertaqwa yang dapat menimbulkan rasa kasih sayang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline