Lihat ke Halaman Asli

KKN ala Mahasiswa UNS di Tengah Pandemi Covid-19

Diperbarui: 7 Juli 2020   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Klaten, 07 Juli 2020) Kali ini salah satu universitas yang terkenal di Surakarta yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam rangka menghadapi Covid-19 turut berkontribusi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merecognisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menerjunkan mahasiswanya di kampung halaman masing-masing di tengah pandemi Covid-19 ini. Kegiatan yang menugaskan mahasiswa (didampingi dosen pembimbing) di diharapkan dapat berkontribusi untuk membantu masyarakat di tempat tinggalnya untuk tanggap dan tangguh dalam menghadapi Covid-19.

Tak kalah antusiasnya salah satu Mahasiswa BK UNS asal Klaten yang bernama Noor Aisyah Ashsari (K3117054) dibawah bimbingan Bapak Ir. Dr. Jaka Suyana, M. Si ini melakukan kegiatan KKN secara mandiri untuk mengabdi di kampung halamannya, tepatnya di Perumahan Banyu Anyar RT 01/ RW 09, Gayamprit, Klaten Selatan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020 dengan mengusung tema “Edukasi dan Supporting Pemahaman kepada Masyarakat secara Daring ditengah Pandemi Covid-19”, yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19, serta  membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dan kejenuhan belajar selama work from home melalui kelompok belajar.

pembagian-masker-5f047165d541df2630232532.jpeg

Terdapat beberapa program kerja yang disusun oleh Aisyah untuk dapat mencapai tujuan dari KKN tersebut diantaranya yaitu:

Mensosialisasikan pencegahan dan pemahaman Covid-19. Memfasilitasi warga agar senantiasa menjaga kebersihan dengan pemberian bantuan berupa alat pencegahan penularan Covid-19 seperti, pemberian ember cuci tangan, sabun cuci tangan, dan handsanitizer disertai dengan edukasi dan pembuatan video cara mencuci tangan yang baik dan benar, serta pembagian masker. Menempelkan beberapa poster banner (cara mencuci tangan yang benar, pencegahan covid yang benar, etika bersin dan batuk, tips menjaga kesehatan, physical distancing, new normal, dll.) yang ditempel di pinggir jalan atau tempat strategis agar mudah dilihat dan dibaca oleh warga. Pemberian informasi berupa video dan poster tentang pencegahan Covid-19 dan new normal melalui media sosial: Whatapps grup (kepada warga rt 01 & grup PKK rt 01) dan Instagram (@nooraisyh). 

pembuatan-poster-5f048d54d541df73c63900f3.jpeg

Selain itu Aisyah juga membentuk kelompok belajar dan bermain. Kegiatan bimbingan belajar secara daring/online melalui whatapp grup untuk anak SD dan SMP, serta melakukan kegiatan edukasi kreatif dengan anak-anak untuk membuat poster mengenai pencegahan Covid-19 dan pembuatan kerajinan pot hias dari bahan bekas, serta cooking class dengan membuat salad buah. Kegiatan edukasi kreatifitas tersebut bermaksud agar anak-anak tidak merasa bosan selama work from home. Rangkaian kegiatan tersebut resmi selesai pada tanggal 30 Juni 2020, dan mendapat respon positif oleh warga setempat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline