Lihat ke Halaman Asli

Penelitian Pengembangan Electronic Wordless Picture Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak

Diperbarui: 5 Maret 2023   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kemampuan literasi sangat penting bagi anak karena berkaitan dengan perkembangan sosial, kognitif dan emosi anak. Kemampuan literasi di sekolah menjadi terhambat dikarenakan pembelajaran dari rumah secara jarak jauh dengan menggunakan media online. 

Orang tua menjadi acuan utama dalam proses pembelajaran. Orang tua harus memiliki ketersediaan sarana dan prasaran serta pengetahuan dan pemahaman mengenai media elektronik dan pembelajaran yang menarik untuk mendukung proses kemampuan literasi anak terutama usia 4-5 tahun lebih meningkat. 

Kemampuan literasi tidak hanya ditujukkan kemampuan anak dalam mengenal makna kata dan tulisan serta membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Namun literasi lebih dari itu, yaitu mengenalkan anak bagaimana anak mampu memberi makna setiap informasi dan mengimajinasikan ide yang mereka dapatkan. 

Kegiatan Penelitian ini di laksanakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak di TK Aisyiyah Kota Banjarmasin, dengan mengembangkan media Electronic Wordless Picture Book. Uji coba dilaksanakan agar mampu mengetahui kelayakan media Electronic Wordless Picture Book berdasarkan tanggapan dan respon guru dan anak usia dini usia 5-6 TK Aisyiyah Kota Banjarmasin. uji coba ini dilakukan pada anak usia dini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 42 Banjarmasin dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 31 Banjarmasin. Jumlah seluruh responden uji coba sebanyak 20 orang guru dan 50 anak. Dari hasil uji coba terlihat adanya peningkatkan sebelum dan sesudah pemberian dari media terhadap literasi anak.

Dokpri

Kegiatan penelitian ini merupakan kegiatan penelitian program pendanaan  hibah RisetMu Batch VI dari Majelis Litbang Dikti PP Muhammadiyah Tahun 2022 dengan Tim Dosen Prodi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) UM Banjarmasin ketua Muhammad Abdan Syakura, S.Pd.I, M.Pd.I, Anggota Noor Baiti, M.Pd, Tim ahli mahasiswa Masyitah, Rabi'atul Adawiyah dan Nur Izzatil Hasanah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline