Lihat ke Halaman Asli

Noni Nur oktaviani

mahasiswa universitas muhammadiyah jakarta

Analisa Iklan Kinder Joy pada Pandangan IMC

Diperbarui: 4 Juli 2023   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: Joy tirto 

Noni nur oktaviani

20210110400026

IMC

Universitas muhammadiyah Jakarta (ilmu komunikasi)

IMC merupakan proses perencanaan yang dibuat untuk memastikan bahwa semua brand contact yang diterima oleh customer dan prospek suatu produk, layanan, ataupun organisasi relevan dengan orang tersebut serta konsisten dari waktu ke waktu. IMC juga semakin popular akibat adanya perkembangan internet yang banyak menawarkan berbagai macam media baru untuk memasarkan suatu program. Dengan banyak nya pilihan media untuk mengantarkan para pembisnis ke sebuah realisasi bahwa mereka sangat memerlukan yang namanya sistem perencanaan agar dapat mengintegrasikan berbagai macam saluran komunikasi pemasaran untuk mencapai target.

Menurut Wikipedia, kinder joy adalah jenis permen yang dibuat oleh perusahaan makanan manis dari negara italia. kinder joy merupakan sebuah merek dalam produk coklat kinder yang dijual oleh ferrero, kinder joy di luncurkan di negara italia pada tahun 2001 dan hingga 2014 dijual lebih dari 100 negara. Hingga 2015 kinder joy diproduksi di Polandia, India, Afrika Selatan, Ekuador, Kamerun, dan juga Tingongkok. Kinder joy mempunyai kemasan berbentuk telur yang terbuat dari kemasan plastic yang dibuat terbagi menjadi dua, setengah berisikan lapisan coklat krim susu dan juga dua bola wafer diatas nya, lalu separuh lagi berisikan sebuah mainan.

Kinder joy merupakan makanan coklat dengan krim susu yang menjadi kesenangan bagi anak-anak, pada dasarnya kinder joy dikenal sebagai kinder surprise egg. Dalam Bahasa jerman "kinder" yang berarti anak dan sedangkan "joy" dalam bahasa inggris yaitu kegembiraan. Surprise egg juga telah menggambarkan kejutan yang sangat menyenangkan yang akan didapat  oleh target audiens dari sebuah kemasan berbentuk telur. Kinder joy selalu mengingatkan kepada tradisi turun temurun di italia yang dimana saat perayaan paskah, anak-anak akan mendapatkan satu buah telur cokelat besar yang berisikan hadiah mainan di dalamnya. Dari pengalaman itulah yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menyenangkan target pasaran.

Kinder joy merupakan perusahaan terpercaya dalam membuat produk yang mencakup kesenangan, kepercayaan dan kegembiraan pada saat yang bersamaan. Target audiens kinder joy yaitu dikalangan anak-anak berkisaran usia 4-10 tahun, yang dimana mempunyai ketertarikan untuk membeli karena dengan kemasan yang unik berbentuk telur dan didalam nya tidak hanya menyediakan makanan saja, tetapi memiliki hadiah satu buah mainan seperti kura-kura mini, mobil-mobilan mini dan masih bentuk yang lainnya. Meskipun harganya mahal untuk sebuah makanan coklat berbentuk telur, namun anak-anak selalu senang dan penasaran untuk melihat mainan apa yang akan didapat dari satu buah kemasan kinder joy.

source: Banthayo

Saat ini produk kinder joy telah menjadi salah satu langka strategis bagi perusahaan untuk bisa memasarkan produknya. Walaupun untuk harga satu buah makanan coklat berbentuk telur ini cukup mahal, tetapi produk kinder joy ini tidak hanya dijual secara eksklusif saja namun produk ini dengan mudah nya dapat di temukan di minimarket terdekat. Pemasaran yang dilakukan oleh kinder joy ini sangat bagus karena dapat menjangkau target pasaran yang lebih luas. Biasanya kinder joy dapat di temukan di rak depan kasir, dengan letakan susunan yang pas kinder joy ini sangat mudah diraih oleh target audiens. karena barang yang di susun di rak depan kasir adalah barang yang dibeli tanpa harus memerlukan komitmen sebelumnya dan juga tidak dapat dibeli secara regular.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline