Lihat ke Halaman Asli

Noni Nur oktaviani

mahasiswa universitas muhammadiyah jakarta

Peran Media Sosial dalam Publik Relations

Diperbarui: 16 Mei 2023   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: IPRAHUMAS

Pada era digital, peran media sosial sangatlah penting bagi masyarakat. Dengan adanya media sosial bisa menjadikan sarana untuk berinteraksi ataupun berkomunikasi secara virtual dengan satu sama lain serta mampu bertukar informasi. Media sosial juga dapat meningkatkan brand awareness, dan kredibilitas. Media sosial menjadi alat komunikasi untuk memperluas jangkauan informasi, Serta menjadi tempat untuk mempromosikan berbagai jenis bisnis di platform sosial media.

Publik relations adalah profesi yang berperan sebagai jembatan komunikasi disebuah perusahaan, serta menciptakan opini publik yang positif tentang kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya media sosial, praktisi PR semakin mudah untuk mengakses berbagai macam informasi yang ingin di dapat, PR harus banyak melakukan penelitian mendalam untuk membangun citra positif dan reputasi yang baik dari perusahaan ke media. Selain mempermudah praktisi PR mendapatkan informasi, media sosial juga mempunyai beberapa peran untuk PR diantaranya;

1. Memperluas audiens

Peran media sosial bagi publik relation adalah bagaimana bisa memperluas audiens. Media sosial pun dapat menjadi perantara yang cepat untuk mempublikasikan hot news dan breaking news. Praktisi PR dapat terbantu saat monitoring tren berkat adanya media sosial di era digital ini. Peran media sosial juga sangat membantu PR dalam menjangkau klien baru yang jauh dari pusat kota, dan juga mendapatkan informasi yang lebih beragam. 

2. Memperkuat pengaruh PR 

PR merupakan jembatan untuk meningkatkan persepsi pada masyarakat, begitupun media sosial yaitu menjadi alat komunikasi untuk memperluas jangkauan informasi. peran media sosial dengan publik relation ini tidak akan bisa di pisahkan, PR dan media harus bekerja sama karena kedua nya saling dibutuhkan agar informasi yang didapat tersampaikan ke aundiens.

3. Meningkatkan visibilitas

Sosial media dapat membantu meningkatkan kesadaran publik tentang perusahaan dan citra bisnis secara keseluruhan. Media sosial membantu PR untuk menyebarkan berita tentang perusahaan yang terkait.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline