Lihat ke Halaman Asli

Media Pembelajaran IPA yang Menarik

Diperbarui: 30 Desember 2020   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada era saat ini, guru dituntut untuk menjadi guru yang kreatif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Terutama untuk guru tingkatan sekolah dasar, mengingat anak-anak sangat menyukai hal yang menarik dan menyenangkan,
Guru harus dapat menciptakan suatu kreativitas untuk mengolah suatu materi menjadi menyenangkan, contohnya menyampaikan materi dengan bantuan media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk menyampaikan suatu materi kepada peserta didik, agar materi mudah dipahami dan diterima.
Media pembelajaran bisa berupa buku, alat peraga, maupun berbentuk video penjelasan.
Tentunya dalam pembuatan media harus dibuat semenarik mungkin agar anak didik tergugah semangat untuk mempelajarinya.

Manfaat media pembelajaran bagi guru yaitu mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada anak didik, serta mengasah dan melatih kreativitas diri sendiri, guru mampu membuat siswa menjadi lebih aktif di kelas dan tidak mudah merasa bosan di kelas.
Sedangkan manfaat media pembelajaran bagi siswa yaitu menambah semangat untuk memahami materi dan belajar, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, serta kualitas belajar meningkatkan.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai salah satu contoh media pembelajaran yaitu "Rumah Satwa". Media ini menjelaskan mengenai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya, yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora.
Tentunya media ini sangat mudah dibuat tetapi juga menarik, hanya dengan menggunakan bahan utama sterofom, dan gambar-gambar hewan.
Sterofom dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk rumah menggunakan double tip. Serta membuatnya menjadi 3 rumah yang diberi masing-masing nama berdasarkan klasifikasinya,
Menjelaskan media ini dengan mengelompokkan, dimana yang masuk ke dalam hewan pemakan daging, tumbuhan, ataupun keduanya. Sehingga anak didik akan lebih mudah menerima materi serta merasa terhibur.

Media tidak selalu berbentuk alat peraga, media pembelajaran bisa berupa digital, tergantung guru yang membuatnya, yang pasti kunci dari media pembelajaran yaitu menarik. Agar siswa pertama melihatnya merasa senang dan ingin mempelajarinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline