Lihat ke Halaman Asli

None Maharani

Mahasiswa Universitas Jember

Strategi Pengembangan Infrastruktur Pasar Modern untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kota

Diperbarui: 17 September 2024   19:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pasarbwi.jpg

Infrastruktur ekonomi merupakan perubahan bangunan fisik untuk menunjang pengembangan ekonomi kota, tidak hanya melayani kebutuhan perekonomian, namun infrastruktur juga sebagai perangsang kegiatan perekonomian baru di suatu wilayah berguna terhadap peningkatan daya saing pertumbuhan suatu daerah. Infrastruktur pasar memainkan peran penting dalam struktur ekonomi kota. Revilitasi pasar tradisional menjadi pasar modern tidak hanya sebagai wadah perekonomian, tetapi juga sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi dan peningkatan inovasi baru. Dalam era globalisasi saat ini memiliki persaingan ekonomi yang sangat ketat, maka dari itu Infrastruktur pembangunan pasar modern yang tepat dan inovatif dapat menjadi sebuah kunci untuk salah satu cara peningkatan daya saing ekonomi suatu kota maupun wilayah. 

Salah satu langkah awal dalam infrastruktur pengembangan pasar modern yaitu memiliki perencanaan dan desain yang terpadu, menghitungkan kebutuhan pasar modern. Harus memiliki desain yang mencakup area yang nyaman dan fungsional, desain yang baik dan berinovasi.Peningkatan kualitas infrastrukturnya harus dipastikan infrastruktur fisik bangunan, jalan, sistem pembuangan sampah, sistem teklonogi modern memenuhi standart modern. Bangunan pasar yang bersih, teratur, aman dan nyaman akan dapat menarik lebih banyak pedagang maupun pembeli. Investasi dalam infrastruktur pada perbaikan dan pembaruan fasilitas seperti desain bangunan gedung pasar, area paarkir, sistem pendingin, dan aksesibilitas dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional, Mengintegrasikan ruang parkir yang memadai dan fasilitas sanitasi yang bersih.

Integrasi teknologi canggih dengan memanfaatkan teknologi terbaru dapat menjadi suatu bentuk usaha dalam perubahan pasar tradisional menjadi pasar modern yang cerdas dan inovatif. Untuk meningkatkan efisiensi dan mempermudah dalam bertransaksi dapat mengimplementasikan sistem point of sale, penggunaan aplilkasi mobile untuk pemesanan dan pembayaran, serta menggunakan data analitik untuk mengelola stok dapat meningkatkan efisiensi serta mempermudah transaksi dalam jual beli. Selain itu teknologi informasi juga dapat digunakan sebagai informasi real time kepada konsumen terkait produk dan harga. 

Untuk meningkatkan daya saing ekonomi suatu kota memerlukan pengembangan infrastruktur pendukung, perlu adanya integrasi antara pasar dengan infrastruktur pendukung lainnya salah satu contohnya seperti penyediaan tempat penyimpanan, penyediaan fasilitas penyimpanan yang memadai dapat membantu menjaga kualitas produk serta dapat mengurangi kerugian. Selain infrastruktur pendukung kita juga membutuhkan peningkatan sumber daya manusia , Dengan memiliki sumberdaya manusia yang berpengetahuan dan terampil dapat menjadi sebuah bagian integral dari pasar modern. Memberikan pelatihan untuk para pedagang dan staff pasar mengenai praktik bisnis yang baik, cara pelayanan yang baik kepada pelanggan, serta memberikan pelatihan dalam pengoprasian teknologi canggih dapat meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Tidak semua masyarakakt terutama pedagang paham dengan penggunaan teknologi modern, banyak dari pedagang yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri pada perubahan sistem tradisional ke modern, maka dari itu program pelatihan dan pengembangan keterampilan sangat bisa membantu pedagang dalam menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan meningkatkan daya saing mereka. 

 

Pasar modern tentunya memerlukan promosi dan pemasaran yang baik, strategi pemasaran yang efektif sangat penting guna menarik perhatian konsumen, serta meningkatka daya tarik masyarakat apalagi pada pengunjung dari luar kota. Dalam meningkatkan visibilitas pasar memerlukan kampanye promosi yang menggunakan media sosial seperti juga iklan digital. Selain itu, menciptakan suasana pasar yang bersih, nyaman, menarik dan menyenangkan bisa membuat konsumen dapat sering berkunjung dan berbelaja atas kenyamanan yang didapatkan. Pemerintah harus memberikan pembangunan dengan menekankan inovasi. Seperti pada revitalisasi pasar tradisional menjadi pasar modern di kota Banyuwangi, memiliki infrastruktur yang bernovasi. Pembangunan pasar modern tersebut tetap mempertahankan fasad bangunan asli, di bangun kembali dengan lebih modern namun tetap mengadopsi arsitektur lokal adat osing banyuwangi, bangunan atap pasar akan didisain menyerupai bentuk atap rumah adat osing. Itu merupakan salah satu inovasi infrastruktur yang patut dibanggakan. Saat ini revitalisasi pasar banyuwangi dalam tahap pembongkaran. 

Langkah selanjutnya dalam pembangunan pasar modern adalah evalusi serta pernyesuaian. Secara berkala perlu mengevaluasi kinerja pasar dan menyesuaikan strategi sesuai dengan perkembangan tren dan juga penyesuaikan kebutuhan konsumen untuk memastikan relevansi pasar modern dalam jangka panjang. Dengan menciptakan strategi-strategi yang baik, sebuah kota atau wilayah tersebut dapat menciptakan pasar modern yang sesuai. Tidak hanya memenuhi kebutuhan antar pedagang dengan konsumen tetapi juga dapat berfungsi sebagai kkalisator dalam peningkatan daya saing ekonomi kota secara keseluruhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline