Lihat ke Halaman Asli

Program PPM 2023 Digitech University di SMK Kesenian Mandala Budaya Desa Cirawamekar

Diperbarui: 23 Juni 2023   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

SMK Kesenian Mandala Budaya adalah SMK yang didirikan pada tahun 2022 lalu yang mana memiliki siswa/i sebanyak 12 orang dengan Jurusan Kesenian. Namun ada banyak kendala dalam membangun dan mengembangkan sekolah khususnha SMK di daerah Kabupaten Bandung Barat.

Lokasi SMK Kesenian Mandala Budaya terletak di Kampung Cirawa, Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Jarak lokasi pengabdian dari ibu kota yaitu sembilan koma satu meter selama kurang lebih tiga puluh menit.

Kami mulai mengunjungi lokasi tersebut dan melakukan persetujuan dengan diawali perizinan ke Desa Cirawamekar, kemudian dilanjut ke sekolah dan bertemu dengan Ibu Susi selaku Wakil Kepala Sekolah.

Setelah berbincang panjang kami menyepakati bahwa Pengabdian Pada Masyarakat 2023 kali ini diberi judul Edukasi Kecerdasan Emosional Kepada Siswa/i SMK Kesenian Mandala Budaya, judul tersebut kami ajukan dan kami diskusikan bertujuan untuk meningkatkan serta menerapkan apa itu kecerdasan emosional dan betapa pentingnya kita bisa memahami dan mengatur emosi diri sendiri.

Kami melaksanakan program tersebut dari 28 Maret 2023 hingga 13 Mei 2023 dengan 3 kali pertemuan dan 1 kalinya penutupan sekaligus acara makan bersama atau ngaliwet bersama staff pengajar.

Walaupun kelompok kami beranggotakan tiga orang, namun kami mendapatkan hasil yang memuaskan baik dari diri kita maupun pihak sekolah, mereka sangat antusias atas kedatangan kami serta program yang dijalankan.

Dari hasil program tersebut dapat disimpulkan bahwa Siswa/i SMK Kesenian Mandala Budaya masih minim dalam memahami dan mengolah emosi diri sendiri, namun berkay program yang kami adakan Siswa/i mulai bisa memahami dan menerapkan apa itu Kecerdasan Emosional, dengan begitu tujuan yang kami harapkan sudah tercapai.

Harapan kami sekolah dapat terus mengembangkan pembelajaran, bakat akademik dan non akademik dengan berlandaskan kecerdasan emosional. Untuk Siswa/i kami harap dapat terus belajar memahami diri sendiri, lingkungan serta orang lain dan tidak pernah bosan untuk terus berkembang dan belajar hal baru.

Terima kasih kepada kampus kami Universitas Teknologi Digital (Digitech University) yang telah memberikan kami kesempatan untuk terus berkembang.

Terima kasih kepada SMK Kesenian Mandala Budaya yang telah mengizinkan kami untuk memberikan sedikit ilmu yang kami dapat dan pelajari.

Untuk info lebih lengkap mengenai dokumentasi dapat diakses di instagram kami yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline