Lihat ke Halaman Asli

Upaya KKM Ranjana 98 Memberdayakan Usaha Lokal melalui Marketing UMKM

Diperbarui: 4 Februari 2024   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi KKM Ranjana 98

Pada hari Minggu, 21 Januari 2024 KKM Ranjana menjalankan program kerjanya yaitu "Sosialisasi Marketing pada UMKM dan Pengetahuan Herbalife" pada Ibu PKK Pokja 3 Dusun Robyong. Sosialisasi tersebut dilaksanakan guna memenuhi salah satu tema KKM Reguler UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yakni kemiskinan ekstrem. 

Pada kegiatan ini kelompok KKM Ranjana 98 menjelaskan bagaimana cara memasarkan produk UMKM melalui platform digital yang saat ini marak digunakan yaitu melalui TikTok Shop. Pasalnya UMKM di Dusun Robyong ini sebenarnya sudah sangat produktif dan memiliki produk yang siap bersaing di pasaran. Namun, para penggiat UMKM ini masih kesulitan dalam masalah pemasaran.

Pemateri kelompok KKM Ranjana 98 pada sosialisasi ini menjelaskan bagaimana meletakkan produk mereka pada TikTok supaya produk mereka dapat ditemukan secara luas oleh masyarakat, bukan hanya masyarakat lokal saja. Pada sosialisasi ini juga dijelaskan bagaimana waktu yang tepat untuk memposting atau waktu untuk melakukan live di TikTok. 

Selain itu, pemateri juga menjelaskan cara-cara pembuatan obat-obatan tradisional dari bahan herbal seperti buah pear dan buah naga yang bisa juga dijadikan ide untuk berbisnis oleh masyarakat Dusun Robyong. Pemateri menjelaskan step by step pembuatan kedua produk herbalife tersebut yaitu obat batuk buah pear dan selai buah naga.

Acara tersebut berlangsung sangat seru dan menyenangkan karena partisipasi aktif dari ibu-ibu PKK Dusun Robyong pada acara tersebut. Acara yang dihadiri oleh ibu PKK ini sangat diharapkan dapat memberikan informasi bermanfaat yang dapat diaplikasikan di Dusun Robyong supaya UMKM menjadi lebih sejahtera. Harapannya sosialisasi ini membantu dalam memajukan bisnis-bisnis rumahan UMKM Dusun Robyong.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline