Lihat ke Halaman Asli

Aris Setya

Seniman

Kecewa kepada CS Bank Mandiri!

Diperbarui: 10 April 2017   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Saya nasabah bank Mandiri sudah cukup lama dan saat ini saya berdomisili di Brussels,Belgia. Saya biasa melakukan pembayaran BPJS orangtua saya di Indonesia dan transfer dan melakukan transaksi perbankan lainnya melalui aplikasi Mandiri Mobile di Iphone. Minggu kemarin saya hendak melakukan pembayaran BPJS dengan aplikasi Mandiri Mobile tetapi tidak bisa, diinfokan jika saya harus mendowload aplikasi yang baru,kemudian saya cari di app store tetapi aplikasi Mandiri Mobile sudah tidak saya temukan lalu saya menemukan aplikasi baru yaitu Mandiri Online. Saya mendowload aplikasi Mandiri Online untuk pertama kalinya kemudian saya mencoba mendaftar tetapi keterangan di aplikasi tersebut menerangkan jika saya sudah terdaftar padahal ini pertamakali saya mendowload dan mendaftar,kemudian saya coba dengan ID dan password Mandiri Mobile saya tetapi ditolak, kemudian saya coba dengan ID dan Password Internet Banking saya dan itupun ditolak hingga akhirnya akun saya di Mandiri Online terboklir.

Tgl 2 April saya mengirimkan keluhan dan pertanyaan melalui email kemandiricare@bankmandiri.co.id dan mendapat balasan tgl 2 oleh saudari Naya dan dia menjelaskan apa itu Mandiri Online dan Mandiri Mobile tetapi mbak Naya tidak menjelaskan apa yg perlu saya lakukan jika saya Lupa ID dan Password Internet Banking saya padahal itu merupakan subjek di email saya dan saya juga menanyakan apa yg perlu sayalakukan jika Mandiri Online saya terblokir, tetapi mbak Naya tidakmenjawab pertanyaan saya, kemudian saya mengirim email kembali Untuk menanyakan hal yang sama kemudian dibalas oleh CS bernama Lady oleh mbak Lady saya diinformasikan jika saya harus mendaftar ke cabang dengan membawa buku tabungan,dll sementara saya sudah jelaskan diawal jika saya berdomisili di Belgia jadi tidak mungkin saya datang kecabang. Mbak Lady juga menjelaskan jika saya telah terdaftar pada Mandiri Online, sayabisa Log In ke  MandiriOnline menggunakan User ID dan password Mandiri Internet saya,yang mana aplikasi tersebut sudah terblokir karena tidak dijelaskan oleh Mbak Naya di email pertama.

Kemudiansaya mengirim email kembali dan dijawab oleh mbak Ghea, mbak Ghea akhirnya menjelaskan bagaimana jikasaya lupa ID dan Password Internet Banking saya. Yang jadi pertanyaan saya pun blm terjawab bagaimana untuk membuka blokiran Mandiri Onlinesaya ? Saya kembali mengirim email dengan pertanyaan yg sama,bagimana cara untuk membuka Blokiran Mandiri Online saya ? Saya jelaskan jika saya pernah mengalami Mandiri Internet saya terblokir dan waktu itu saya mengirim email dan minta bantuan untuk diblokirdan saya jelaskan jika saya berdomisili di Belgia jadi tidak mungki nsaya datang ke Cabang, kemudian saya diminta scan KTP, Buku tabungan,passport,kartu atm dan juga surat pernyataan dan kemudian blokiran sayapun dibuka.

Ini yang menjadi pertanyaan saya di email selanjutnya tetapi dibalas olehmbak Ghea dan diinformasikan jika saya harus datang ke cabang untuk membukanya padahal saya sudah infokan sejak awal tidak mungkin saya datang kecabang. Saya kembali mengirim dua email yang dijawab oleh mbak Naya dan Lady tetapi jawaban mereka sama saja karena tinggal copy paste dan tidak ada empatinya sama sekali seolah-olah dibalas oleh robot yang tidak mempunyai perasaandan tidak ada penjelasan yang lebih manusiawi untuk saya. Mereka tetap menjelaskan jika saya bisa datang kecabang jika saya diIndonesia dan saya kembali menjelaskan jika saya itu tinggal diBelgia dan bukan jalan-jalan dan saya infokan jika tidak mungkin dalam waktu dekat saya bisa kembali ke Indonesia. 

Mereka tetap membalas dengan template yang sama ‘Perkenankan kami sampaikan sesuai email kami sebelumnya bahwa terkait MandiriOnline yang terblokir, kami mohon kesediaan Bapak untuk mendatangi cabang Bank Mandiri apabila telah berada di Indonesia dengan membawakelengkapan dokumen sebagai berikut:

-Buku tabunganmandiri

-Kartu debit mandiri

-KTP yang masihberlaku

Saya infokan kembali jika sampai saat ini saya tidak bisa membayar BPJS orangtua saya dan sampai saat ini saya tidak bisa menggunakan Aplikasi Mandiri Online dan Mandiri Mobile juga Internet Mandiri, Saya merasa sangat kecewa karena saya harus berkali-kali mengirim email, jika sejak awal penjelasan dari mbak Naya lengkap dan dia mengerti dengan apa keluhan dan pertanyaan saya maka saya kira kejadian ini tidak akan terjadi dan saran untuk CS yang melalui email tolong lebih luwes dan menjadi manusia jika membalas email meski saya tahu ada patokan  tertentu dalam membalas email tapi kita ini manusia dan ingin dibalas oleh manusia bukan robot.

Saya juga beberapakali mention di Twitter @mandiricare dan mereka hanya menjawab dengan kalimat template copy paste asal tweet saya dibalas, kemudian ketika mereka menanyakan akun email saya dan saya jawab melalui DM dan dibalas oleh Mas Romi jika saya harus menunggu email balasan dri CSdi jam kerja. Mas Romi bahkan sama sekali tidak menanyakan apa kendala saya atau basa-basi ada yang bisa dibantu tapi langsung tembak jika saya harus menunggu balasan email dari CS melalui email yang sama sekali tidak membantu permasalah saya.

Saya ingin jawaban kenapa saya tidak bisa dibantu diblokir Mandiri Online saya ?Sementara dulu saya pernah dibantu untuk dibuka blokir Internet Banking saya ? Terus ‘aku kudu piye’ ? Mandiri Online tidak bisa, Mandri Mobile tidak bisa,Internet juga tidak bisa ?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline