Lihat ke Halaman Asli

Nofuja Nurazizah

Masih Menjadi Setengah Manusia.

Tips Memilih Organisasi di Kampus dan Sekolah

Diperbarui: 29 Juli 2023   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di sekolah ataupun di kampus tentunya memiliki wadah untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik ya sob, oke apalagi pas masa-masa jadi maba (Mahasiswa Baru) emang seru kalo bisa join dan bertumbuh dengan sebuah wadah yang bisa memberikan manfaat bagi setiap maba dalam masa-masa menempuh kehidupan perkuliahannya.

Sebelum kita bahas tentang tips dari bagaimana sih cara memilih organisasi di kampus ataupun di sekolahan, kita harus tahu terlebih dulu nih, sebenernya kenapa sih harus join organisasi selama sedang berkuliah ataupun bersekolah?. Bisa dikataka bahwa berorganisasi ini sangatlah penting, mengapa demikian? Ya tentu saja karena ketika seseorang bergabung ke dalam satu organinsasi maka ia tidak hanya mendapatkan ilmu sebatas di ruang kelas saja.

Bahkan ketika kita bisa join dalam sebuah organisasi itu artinya kita juga memiliki kesempatan untuk bisa membangun relasi lebih luas, di mana relasi sangatlah dibutuhkan di masa-masa sedang mencari pekerjaan ataupun magang. So masih mau mengatakan bahwa organisasi itu tidak begitu penting?.

Oke langsung aja deh ya ada beberapa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih untuk join dalam sebuah organisasi. Yuk simak yaaaa.., tipsnya apa aja.

Membenahi mindset

Oke jadi maksud dari point pertama ini bahwasannya sebelum kita join ke dalam sebuah organisasi di kampus ataupun di sekolah, kita harus memiliki mindset yang bener. Percuma lanjut ke tips selanjutnya jika gagal di tips pertama ini. Dalam bahasa kasarnya jangan membatasi mindset ketika akan join suatu organisasi itu untuk sekadar mendapatkan sertifikat dan hanya untuk bisa diapresiasi oleh orang lain. Tanamkan mindset bahwa kita berorganisasi karena kita ingin banyak belajar hal baru dan senantiasa selalu menikmati prosesnya.

Tentukan tujuan

Tentu saja kita harus memiliki tujuan kenapa kita ingin terlibat dan ingin bergabung ke dalam organisasi tersebut. Ada beberapa hal yang bisa kita renungkan dalam menentukan tujuan diantaranya yaitu.

a. Memikirkan apa yang ada kaitannya dengan prodi yang diambil.

b. Memikirkan setelah lulus kuliah/sekolah akan bagaimana.

c. Memikirkan ketertarikan diri sendiri terhadap bidang apa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline