Lihat ke Halaman Asli

nofita widjayanti

Mahasiswi aktif Bimbingan Penyuluhan Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Rahasia Sukses Dakwah: Pendekatan, Strategi, dan Metode yang Efektif

Diperbarui: 1 Juli 2024   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rahasia Sukses Dakwah: Pendekatan, Strategi, dan Metode yang Efektif

Oleh: Syamsul Yakin (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) & Nofita Wahyu Widjayanti (Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Kiat sukses dakwah adalah teknik, cara, atau siasat sukses dakwah.

Jika pendekatan dakwah adalah pendekatan yang digunakan dalam dakwah, seperti pendekatan agama, sosial, dan budaya, maka strategi dakwah adalah strategi perencanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dakwah, seperti strategi rasional, spiritual, dan personal.

Tidak sama dengan pendekatan dan strategi, metode dakwah adalah cara berdakwah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dakwah. Tujuan dakwah adalah untuk menciptakan hidup yang bahagia dan sejahtera di dunia ini, baik secara fisik maupun rohani, serta untuk mencapai hidup yang sama di surga.

Sederhananya, pendekatan dakwah dipecahkan menjadi strategi dakwah, strategi dakwah dipecahkan menjadi metode dakwah, dan metode dakwah dipecahkan menjadi pendekatan dakwah. Teknik dakwah praktik dakwah yang dirancang dengan hati-hati mulai dari pendahuluan, materi, dan penutup. Dalam situasi seperti ini, kiat atau teknis dakwah dapat dianggap sama dengan panduan dan trik dakwah. 

Metode untuk mempermudah dakwah adalah trik dakwah.  Namun, panduan dakwah adalah pedoman singkat untuk berdakwah. Ada tiga kiat dakwah yang berkaitan dengan materi dakwah yang disampaikan. 

Pertama, materi dakwah harus disampaikan dengan bahasa baku; kedua, materi harus berbasis data; dan ketiga, materi harus juga didasarkan pada penelitian. Akidah, syariah, dan akhlak adalah tiga topik utama dakwah. Materi dakwah dapat dibagi menjadi tema dan judul. yang paling penting adalah judul.

Pathos dan ethos dakwah harus dikuasai dai, yang merupakan aspek retorika dari kiat dakwah. Pathos adalah kemampuan dai untuk menggugah emosi mad'u seperti sedih, gembira, marah, dll. Ethos dakwah adalah sikap, kepribadian, watak, karakter, dan keyakinan dai yang ditampilkan di hadapan mad'u, yang turut menentukan kesuksesan dakwah. Pathos adalah salah satu kiat sukses dakwah yang paling sering digunakan para dai.

Ada empat kiat berdakwa tentang tujuan dakwah: dakwah harus memberi informasi, pendidikan, persuasi, dan rekreasi. Yang terakhir adalah bumbu dakwah untuk memecahkan kebekuan.

Secara praktis, kiat dakwah dimulai dengan menentukan pesan dakwah, seperti akidah, syariah, atau akhlak. Kemudian, mereka memilih tema, seperti rukun iman. Tema-tema ini kemudian diberi judul agar lebih fokus, seperti iman kepada Allah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline