Lihat ke Halaman Asli

Peduli Stunting: Unnes Giat 5 Desa Ringinkidul Laksanakan Program DASHAT

Diperbarui: 28 September 2023   00:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Grobogan (21/7/2023), Mahasiswa Unnes Giat 5 Desa Ringinkidul, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan melakukan upaya preventif untuk mencegah stunting. Dalam pencegahan stunting ini, mahasiswa melaksanakan program DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting).

DASHAT merupakan sebuah program di bawah naungan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) sebagai layanan pemenuhan gizi bagi anak stunting. Tidak hanya bagi anak stunting, DASHAT ini juga dapat diberikan kepada ibu hamil sebagai pencegahan agar calon bayi terhindar dari stunting atau keadaan di mana terhambatnya gizi anak.

Pelaksanaan program DASHAT di Desa Ringinkidul berfokus kepada pemenuhan gizi ibu hamil. Hal ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi pencegahan stunting dan pemberian makanan sehat yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Sosialisasi pencegahan stunting bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan tentang gizi seimbang yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Secara berkesinambungan, dengan adanya sosialisasi ini ibu hamil memiliki bekal pola hidup sehat pra dan pasca melahirkan.

Di samping memberikan sosialisasi, tim mahasiswa Unnes Giat 5 Desa Ringinkidul juga mendemonstrasikan bentuk pemenuhan gizi seimbang dengan memberikan makanan empat sehat lima sempurna, yang meliputi nasi sebagai sumber karbohidrat, lauk pauk berupa ayam dan capcai sebagai sumber protein, buah pepaya sebagai sumber vitamin C, serta susu kedelai sebagai sumber mineral dan vitamin E. Nutrisi tersebut sangat berperan penting untuk pertumbuhan janin selama masa kehamilan dan mencegah terjadinya stunting pada bayi.


Dok pribadi

Pelaksanaan program DASHAT di Desa Ringinkidul ini mendapatkan banyak respons positif, salah satunya dari Bidan setempat yang mengungkapkan bahwa program tersebut sangat membantu ibu hamil agar senantiasa peduli gizi seimbang dan menerapkan pola hidup sehat.    

 
Tim Mahasiswa Unnes Giat 5 Desa Ringinkidul berharap program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan agar ke depannya mampu menggerakkan masyarakat untuk peduli gizi seimbang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline