Lihat ke Halaman Asli

Belajar Investasi di Indomaret

Diperbarui: 4 April 2017   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Belajar investasi di indomaret

Inilah pengalaman Tanya jawabku di jcc 7 september 2013. Investasi di indomaret.Investasi diIndomaret ada 2 opsi yaitu :


  1. Usulan lokasi baru

Untuk investasi diluar kepemilikan tempat dan gedung, Investasinya kurang lebih394 juta. Jika kita punya lokasi baru untuk buka toko indomaret kita bisa usulkan ke pihak indomaret. Selanjutnya dari pihak indomaret akan melakukan survey ketempat yang kita usulkan. Jika hasilnya oke, atau disetujui oleh pihak indomaret, kemudian akan dilanjutkan ke MOU kerja sama dan pembayaran franchise fee.Setelah itu kurang lebih 2 atau 3 bulan toko mulai buka.

Untuk pengerjaan bangunan lokasi baru, kita bisa melakukanya sendiri, asalkan standarnya standar indomaret. Misalkan untuk pemasangan kaca, boleh kita mencari tukang bangunan sendiri untuk memasangnya, tetapi standarnya dari model, ukuran, ketebatan kaca dan lain – lain ditentukan oleh pihak indomaret.

2.Take over

Take over adalah indomaret yang sudah berjalan,diambil alih oleh indomaret dan dialihkan lagi kekita. Untuk take over investasi yang ditawarkan kisaran 500 juta sampai 1 milyar lebih. Tergantung dari kualitas toko tersebut. Untuk take over kita dikenakan biaya sewa tempat yang telah dibayar indomaret itu ditambah investasi dan peralatanya. Oleh karena itu investasiya 500 juta lebih tergantung harga sewanya .

Pegawai indomaret

Untuk pegawai toko, bisa dari indomaret. Tetapi kalau kita punya titipan pegawai, atau misalkan kita punya saudara yang ingin bekerja di indomaret, boleh kita usulkan asalkan kriterianya sesuai dengan standart indomaret. Yaitu usianya dibawah 23 tahun, lulusanminimal SLTA.

Investasi diluar jawa

Untuk diluar jawa misalkan samarinda Kalimantan timur. Untuk investasinya kurang lebih sama tergangung dari standart bangunan. Kalau harga bahan bangunanya sama, kurang lebih investasinya sama. Termasuk harga produk barangnya bisa juga sama tergantung dari segmennya hight class atau low class, kalau hight class bisa lebih mahal dari pada low class. Untuk harga produk diluar jawa sebenarnya relative sama, karena indomaret sendiri juga buka kantor atau gudang sendiri di luar jawa. Jadi biaya distribusi yang jauh dari luar pulau jawa tidak menjadi alasan untuk menaikan harga produk karena distribusi indomaret berjalan setiap hari jadi tidak mengandalkan barang dari jawa.

Survey lokasi

Jika kita punya titik lokasi yang mungkin menurut kita bagus untuk membuka indomaret, pihak indomaret akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Karena bagus menurut kita belum tentu bagus menurut pihak indomaret.

Jika titik lokasi yang ingin kita jadikan toko indomaret dekat dengan toko indomaret yang lain, pihak indomaret akan melihat dahulu apakah indomaret itu punya franchise atau punya indomaret itu sendiri. Dan di lihat juga jumlah omsetnya. Kalau indomaret itu punya pihak indomaret sendiri, dan omsetnya bagus, kita bisa buka toko indomaret baru walaupun jaraknya dekat indomaret tersebut. Tetapi jika toko indomaret punya franchise maka akan dipertimbangkan lagi, karena pihak indomaret tidak akan menjatuhkan franchise sendiri karena jaraknya yang dekat.

Royalty

Jika omset kita 175 juta perbulan royaltynya nol. Tetapi jika omsetnya 175 sampai 200 juta royaltynya 2% dari selisihnya atau dari 25 juta.

BEP

Untuk BEP kurang lebihnya 40 bulan, atau 3 tahun lebih. BEP bisa cepat bisa lama tergantung omset penjualan toko tersebut.

Gaji pegawai

Pegawai digaji dari indomaret tapi menggunakan uang hasil penjualan toko, simulasi bisnisnya semua pendapatan dikurangi semua pengeluaran, termasuk beban gaji, beban operasional, beban royalty, beban pajak, termasuk beban listrik semuanya diambil dari pendapatan, sisanya keuntungan buat kita.

Resiko perampokan

Untuk kasus ini pihak indomaret memakai asuransi. Termasuk bencana alam dan huru-hara. Tetapi jika perampokanya menyebabkan barang hilang misalkan nilainya 10 juta, pihak franchise harus menggantinya terlebih dahulu sampai uang asuransinya cair. Jika uang asuransinya cair maka uang kita akan diganti 10 juta dari asuransi. Karena barang yang hilang harus segera diganti.

Resiko barang hilang tidak tahu siapa yang ngambil

Barang hilang dari perusahaan sendiri hanya memberi dana 0,15% dari omset toko, selebihnya ditanggung personil toko. Misalkan omset toko sehari 9 juta, barang hilang sebulan tidak boleh lebih dari 300ribu, kalau lebih dari 300 ribu personil tokonya yang bayar.

Semoga bermanfaat..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline