Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Musik SD

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kasih Ibu kepada beta

Tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi tak harap kembali

Bagai sang surya menyinari dunia

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan lagu tersebut bukan..., ya, memang hari ini bertepatan dengan hari Ibu, ibu adalah orang yang telah rela mempertaruhkan nyawanya sehingga kita dapat lahir di dunia ini..... sungguh besar jasamu ibu... Terlepas dari hal itu kita dapat mengenal berbagai macam lagu juga tidak akan terlepas dari dunia pendidikan, dari awal kita masuk sekolah, sekolah dasar pada umumnya juga sudah pasti akan ditemui hal-hal yang akan berhubungan dengan musik, mulai dari pengenalan lagu anak-anak, daerah, lagu wajib, lagu nasional juga banyak lainnya. Berawal dari itu saya akan coba mengupas sedikit tentang pembelajaran musik di SD. Mungkin untuk sebagian besar guru Pengajaran musik cukup menjadi sesuatu yang menakutkan, banyak yang belum mampu menguasai apa saja yang terkandung dalam musik termasuk keterampilan-keterampiannya.

Pengajaran musik di sekolah dasar merupakan salah satu komponen pengajaran yang secara terintegrasi mendukung tercapainya pribadi manusia Indonesia seutuhnya. Rumusan tujuan pembelajaran musik disekolah dasar dapat dirumuskan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki murid melalui pengalaman dan penghayatan musik. peningkatan rasa suka, penghargaan, dan tumbuhnya rasa musik (sense of musik) lebih dipentingkan dibanding penekanan pada unsur-unsur musik sebagai materi pengajaran.

Pengajaran musik di sekolah dasar pada tujuan umumnya adalah untuk murid memiliki pengetahuan tentang irama, melodi, harmoni, bentuk/ struktur lagu, serta ekspresi.

Pendidikan musik disekolah dasar diberikan secara bertahap menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, tujuan pembelajaran umum dan rinciannya dalam TPK yang diharapkan dapat dirumuskan dalam bentuk transaksional praktis, masing-masing diurutkan dalam suatu urutan yang logis dan berkesinambungan dan terus menerus perlu diperhatikan pengajaran unsure musik pada dasarnya tidak dapat dipelajari secara terpisah-pisah atau satu persatu, sebab unsur musik secara integral telah menjadi satu dalam suatu komposisi. setiap komposisi atau lagu dapat digunakan untuk mempelajari seluruh unsur dengan perbedaan tekanan tiap unsurnya.

Pembelajaran berlangsung jika terdapat interaksi yang baik antara guru dan murid, tidak jarang murid yang asing pada musik dikarenakan jkarangnya terlibat dengan musik, untuk itu anak-anak tipe seperti ini perlu diperbanyak pengalaman bernyanyi bersama agar tumbuh rasa seninya.

Untuk dapat melaksanakan pembelajaran musik di sekolah dasar dengan baik, guru paling tidak harus memiliki pengetahuan bagaimana pembelajaran musik pada anak SD, memiliki rasa suka pada musik, kemauan untuk mengajar pada anak, pemahaman bahwa pembelajaran musik mengutamakan tumbuhnya rasa musik, meliputi : rasa irama, rasa nada, harmonisasi, kesukaan, penghayatan musik.

Interaksi belajar musik yang member pengalaman, keterampilan dan tumbuhnya rasa musik mempersyaratkan seorang guru sekolah dasar yang memiliki:Pengetahuan dan kemampuan yang memadai dalam musik, sehingga tidak mengalami hambatan pemahaman musik yang diajarkan, memiliki pengetahuan dan pandangan tentang sifat dan hakikat musik, sifat dan hakikat proses belajar musik, serta sifat pembelajaran musik, memiliki pengetahuan dan keterampilan bernyanyi dengan menggunakan teknik bernyanyi yang benar, memiliki pengetahuan dan keterampilan bernyanyi dengan menggunakan teknik bernyanyi yang benar, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memainkan alat-alat yang digunakan dalam pembelajaran musik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline