Lihat ke Halaman Asli

Mangut lele mbah Marto, Bantul

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1424581096445145747

[caption id="attachment_352405" align="alignleft" width="300" caption="Doc Pribadi"][/caption]

Berkunjung ke Jogja belum lengkap kalo belum menikmati kulinerny. Terutama kuliner yg unik dan nikmat rasanya. Salah satu yg wajib dikunjungi adalah Mangut Lele mbah Marto, yg berada di belakang kampus ISI sewon Bantul.

Kalo pertama kesana sudah dipastikan anda akan kesasar karena tempatnya yg berada di dalam perkampungan dan jalan menuju kesana harus masuk di gang gang sempit. Sesampai di sana tempatnya tidak seperti rumah makan biasanya tetapi hanya rumah mbah marto yg difungsikan sebagai tempat makan.

Menu andalannya memang mangut lele, kalo di tempat lain lele di goreng sebelum dibumbui tetapi di tempat ini lele di asab terlebih dahulu sebelum di bumbuhi pedas. Selain menu mangut lele di tempat ini menyediakan gudeg, sambel krecek,opor ayam dan telur serta garang asem ati dan rempelo. Di tempat ini anda harus mengambil makanan sendiri yang letaknya di pawon ato dapur.

Jangan tanya soal rasa, karena rasanya yg nikmat tidak jarang tempat ini menjadi terkenal di seentero negeri indonesia. Terbukti banyaknya pengunjung yg datang dari luar kota bahkan artis banyak yg datang untuk mencicipi masakannya mbah marto. Terlihat banyak foto artis dan mbah marto yg terpampang di rumahnya.

Kalo anda memasuki dapur tempat makan ini, akan melihat langsung proses pembuatan mangut lelenya, mulai dari pembuatan bumbu, pengasapan lele serta memasak sampai semuanya siap dihidangkan. Dengan nggrapyak dan ramah mbah marto akan menyapa para pengunjungnya, meskipun mbah Marto sebenarnya kurang dalam hal pendengaran, wajar karena dia memang sudah sangat tua.
Dengan merogoh kocek 20 ribuan anda bisa menikmati seporsi mangut lele yg nikmat ini.

Monggo mampir dan didahar.......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline