Lihat ke Halaman Asli

Faktor Penghambat Kesadaran Pentingnya Lingkungan Bersih

Diperbarui: 22 Juni 2024   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

konsep lingkungan (dokpri)

Dalam menjaga lingkungan dari kerusakan dan pencemaran melalui pendidikan untuk pembangunan kedepan dibutuhkan kunci untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan, keahlian, nilai, dan sikap agar pembangunan saat ini tidak merugikan generasi untuk masa depan. Melihat permasalahan lingkungan yang terjadi dan pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia, pendidikan lingkungan perlu terus dikembangkan untuk memberikan pemahaman, penyadaran, dan tuntunan kepada peserta didik dalam bersikap dan berperilaku peduli dan berbudaya lingkungan (Wulandari et al., 2018).

Kesadaran lingkungan merupakan tindakan atau sikap yang diarahkan untuk memahami tentang pentingnya lingkungan yang sehat, bersih, dan sebagainya. Kesadaran dalam lingkungan hidup dapat dilihat dari perilaku dan tindakan seseorang dalam keadaan dimana seseorang merasa bebas dari tekanan. Usaha untuk melakukan tindakan sadar diperlukan sebagai cara pengelolaan lingkungan dengan cara memelihara atau memperbaiki kualitas lingkungan agar kebutuhan manusia terpenuhi dengan baik.

Ada empat faktor yang mempengaruhi kesadaran lingkungan (Sugiarto & Gabriella, 2020).

  • Faktor ketidaktahuan

Sadar dapat diartikan sebagai tahu. Ketika seseorang dikatakan tidak sadar maka orang tersebut tidak memiliki pengetahuan mengenai lingkungan. Maka dapat disimpulkan bahwa ketidaktahuan seseorang dapat mempengaruhi kesadaran lingkungannya.

  • Faktor kemiskinan

Miskin merupakan keadaan dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan akan menyebabkan tekanan pada penduduk. Kemiskinan menjadi salah satu sumber masalah sosial karena mereka lebih fokus kepada pemenuhan kebutuhan daripada menanggapi isu-isu lingkungan.

  • Faktor kemanusiaan

Manusia adalah makhluk berakal yang mampu memilih mana yang benar dan salah. jika seseorang memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi maka mereka akan memperhatikan hal yang dapat menyelamatkan banyak manusia dan tidak merugikan manusia lainnya. oleh sebab itu seseorang dengan tingkat kemanusiaan yang tinggi akan lebih sadar lingkungan sehingga dapat menjaga lingkungan demi kepentingan bersama.

  • Faktor gaya hidup

Gaya hidup seseorang dapat berpengaruh pada tingkat kesadaran mereka terhadap lingkungan. Jika seseorang memiliki gaya hidup hijau maka mereka akan memperhatikan apa yang mereka lakukan terhadap lingkungan. Minat mereka akan tertuju pada segala sesuatu yang ramah lingkungan dan opini mereka pun dalam pandangan menyelamatkan lingkungan.

Untuk mewujudkan pengembangan kesadaran lingkungan dalam pendidikan di madrasah, diperlukan sebuah pengelolaan yang mendukung terlaksananya pendidikan lingkungan oleh semua warga madrasah berdasarkan prinsip kesadaran lingkungan yang partisipatif dan berkelanjutan. Kebijakan madrasah berwawasan lingkungan ditujukan untuk menciptakan lingkungan madrasah khususnya peserta didik yang memiliki sikap peduli dan berbudaya lingkungan, yaitu peserta didik yang memiliki pengetahuan dan mampu berperilaku ramah.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline