Lihat ke Halaman Asli

Noer Ashari

TERVERIFIKASI

Kepala Tata Usaha

Kesalahan Fatal atau Kesengajaan yang Sering Dilakukan Senior terhadap Karyawan Baru

Diperbarui: 17 Oktober 2024   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ILUSTRASI Senior dan Karyawan Baru. | Pexels. Jonathan Borba

Saat pertama kali masuk kerja, karyawan baru biasanya mengalami masa adaptasi yang tidak mudah. Mulai dari harus memahami alur kerja, berkenalan dengan rekan-rekan baru, hingga menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan.

Dalam situasi seperti ini, peran senior itu penting banget. Senior bisa jadi penunjuk arah, membantu karyawan baru supaya lebih cepat paham tugas mereka dan membuat mereka merasa nyaman.

Tapi, sayangnya, tidak semua senior punya sikap yang mendukung. Bahkan sering kali ada perilaku atau kebiasaan yang membuat karyawan baru semakin tertekan atau tidak betah di lingkungan kerja.

Kesalahan atau Kesengajaan yang Sering Dilakukan Senior

1. Tidak Membantu dalam Perkenalan

Karyawan baru biasanya bingung mau mulai dari mana untuk berbaur dengan tim.

Nah, kalau senior tidak berinisiatif untuk mengenalkan si karyawan baru ke orang-orang, ya mereka akan merasa terasingkan.

Ya rasanya seperti ada di tempat yang asing, si karyawan baru gak kenal siapa-siapa, canggung, dan pastinya susah untuk cepat beradaptasi.

Kalau senior saja cuek, bagaimana karyawan baru bisa merasa nyaman?

2. Kurang Memberikan Dukungan atau Arahan

Ada senior yang merasa mengajarkan hal-hal dasar itu buang-buang waktu. 

Mereka hanya kasih instruksi ala kadarnya tanpa peduli apakah karyawan baru benar-benar mengerti atau tidak.

Padahal, karyawan baru masih butuh banyak arahan untuk memahami kerjaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline