Lihat ke Halaman Asli

Noer Ashari

TERVERIFIKASI

Operator Sekolah

Pentingnya Mengelola Keuangan dengan Bijak, Terutama Saat Mendapat Rezeki Nomplok

Diperbarui: 21 Agustus 2024   16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ILUSTRASI Ketiban Rezeki Nomplok. | Pexels. Karolina Kaboompics

Pernah merasakan tiba-tiba Anda mendapat uang yang lumayan banyak tanpa diduga-duga? Entah itu dari bonus kerja, menang undian, hibah, atau mungkin dapat warisan dari keluarga. Nah, inilah yang biasa kita sebut rezeki nomplok. Saat dapat rezeki nomplok, banyak orang merasa seperti Crazy Rich, langsung kalap belanja ini itu tanpa pikir panjang. Kalau mendapat rezeki nomplok perasaan ingin berfoya-foya pasti datang, betul tidak?

Padahal, kalau kita tidak hati-hati, uang itu bisa habis dalam sekejap, dan akhirnya kita malah bingung sendiri karena kebutuhan utama jadi terbengkalai. Di artikel ini, kita akan bahasa tentang betapa pentingnya mengelola uang dengan bijak, terutama saat kita ketiban rezeki nomplok. Agar tidak menyesal di kemudian hari!

Apa Itu Rezeki Nomplok?

Rezeki nomplok itu simpel saja. Anda sedang berjalan santai, lalu tiba-tiba ada uang jatuh dari langit, kira-kira seperti itu rasanya. Intinya, rezeki nomplok adalah uang yang datang secara tak terduga, bisa dari bonus kerja, menang undian, hibah, warisan, atau sumber lainnya yang tidak Anda perkirakan sebelumnya.

Nah, biasanya saat orang mendapat rezeki nomplok, reaksi pertamanya adalah langsung ingin belanja besar-besaran. Beli barang-barang yang selama ini diidam-idamkan, makan di restoran mahal, atau bahkan jalan-jalan ke luar negeri. Ada juga yang buru-buru investasi tanpa berpikir panjang, asal tanam uang di sana-sini, padahal belum paham betul resikonya. Akhirnya, uang yang seharusnya bisa di manage dengan baik malah habis begitu saja, dan tidak jarang membuat penyesalan di kemudian hari. Nah, dalam hal ini diperlukan pengelolaan keuangan dengan bijak. 

Mengapa Penting Mengelola Keuangan dengan Bijak?

Kita semua tahu, cari duit itu nggak gampang. Setiap hari harus kerja keras, bangun pagi, dan mengurus segala macam urusan untuk mendapatkan gaji yang kadang pas-pasan. Nah, rezeki nomplok ini beda cerita, datangnya tiba-tiba, dan bisa jadi tidak akan kejadian lagi. Itulah kenapa, kalau dapat rezeki nomplok, kita harus pintar-pintar mengelolanya, jangan sampai terlena.

Kalau kita langsung menghabiskan tanpa pikir panjang, resikonya lumayan besar lho. Bayangkan, kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendesak, tapi uangnya sudah habis karena dipakai foya-foya. Di saat itu, baru kita sadar, kalau seharusnya uang itu bisa jadi penyelamat untuk masa depan. Jadi, penting untuk mempunyai rencana keuangan yang matang, agar uang yang didapat tidak hanya membuat senang sesaat, tapi juga bisa bantu kita bertahan lebih lama.

Kalau kita kedapatan rezeki nomplok, apa yang harus dilakukan? 

Kalau tiba-tiba dapat rezeki nomplok, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah membuat perencanaan keuangan. Tidak usah terburu-buru belanja atau foya-foya. Duduk sebentar, pikirkan baik-baik, dan buat daftar prioritas. Tentukan mana yang penting dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih bijak dalam mengatur pengeluaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline