Lihat ke Halaman Asli

Noer Ashari

TERVERIFIKASI

Operator Sekolah

Siapa pun yang Menang Kita Tetap Cari Uang Sendiri!

Diperbarui: 4 November 2023   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Uang, Foto: Gotnews

Cari uang sendiri adalah sebuah istilah yang berarti mencari penghasilan atau pendapatan secara mandiri tanpa bergantung pada orang lain. Ada banyak alasan mengapa seseorang perlu atau ingin cari uang sendiri, seperti untuk memenuhi kebutuhan hidup, menambah tabungan, mengejar impian, atau meraih kemandirian finansial. Cari uang sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti bekerja, berbisnis, berinvestasi, atau berkreasi.

Mengapa kita harus mencari uang sendiri?

Alasan mengapa kita harus mencari uang sendiri bermacam-macam, tergantung pada kebutuhan, keinginan, dan tujuan kita. Ada yang mencari uang sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup, ada yang untuk mengejar impian, ada yang untuk meraih kemandirian finansial, dan ada yang untuk membantu orang lain.

Yang pasti jika usia kita sudah beranjak dewasa kita wajib mencari penghasilan sendiri bagaimana pun caranya asal beradap dan tidak melanggar hukum.

Mengapa di usia dewasa kita di wajibkan untuk mencari uang sendiri?

Kita memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, seperti sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan ini membutuhkan uang untuk bisa terpenuhi. Jika kita tidak mencari uang sendiri, kita akan bergantung pada orang lain, seperti orang tua, suami, atau istri, yang bisa menimbulkan masalah atau konflik.

Dan setidaknya kita bisa membantu keuangan keluarga, terutama jika kita sudah berkeluarga. Dengan mencari uang sendiri, kita bisa menambah pemasukan keluarga dan meringankan beban pasangan kita. Kita juga bisa memiliki dana darurat yang bisa digunakan untuk mengatasi situasi yang tidak terduga, seperti sakit, kecelakaan, atau bencana. Jika kita tidak mencari uang sendiri, kita akan menjadi beban bagi keluarga dan tidak bisa memberikan kontribusi yang positif.

Yap, sampai di sini mencari uang sendiri itu adalah tanggunggjawab masing-masing pribadi dan mencari uang pun itu juga murni dari usaha kita sendiri bukan dari pihak lain.

Jadi hubungannya apa cari uang sendiri dengan siapa pun yang menang?

Ilustrasi Orang Kaya(Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline