Lihat ke Halaman Asli

Noer Ashari

TERVERIFIKASI

Operator Sekolah

Abdullah Mudzakir: Gen Z Ahli Hacking Temukan Bug Google & Raih Hadiah Jutaan Rupiah

Diperbarui: 11 Maret 2023   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Google Photos(pexels.com/Caio

Abdullah Mudzakir, bocah SMK yang lagi rame banget diomongin gara-gara bisa nemuin bug atau keretakan di sistem Google dan dapat hadiah jutaan rupiah. Si Gen Z yang jago hacking ini bener-bener hebat, bisa mengeluarkan kemampuan yang diakui oleh banyak ahli teknologi lainnya. Keren Banget!

Saya ingin membahas tentang Abdullah Mudzakir, seorang yang berhasil menemukan bug atau keretakan dalam sistem Google dan diberi hadiah sekitar 76 juta rupiah. Meskipun sebelumnya ia telah 4 kali melaporkan temuan bug kepada Google namun selalu ditolak, namun kali ini ia berhasil. Abdullah bahkan mendapat kartu Google Bug Hunters yang merupakan kartu penghargaan bagi para ahli hacking. 

Ia juga sering mendapatkan penghargaan atas pencariannya terhadap bug. Abdullah pertama kali menemukan bug di sistem Pemprov Jateng dan terus melanjutkan hingga ke perusahaan luar negeri. Terlebih hebatnya, meskipun masih berstatus sebagai siswa SMK, Abdullah sudah dapat bekerja dengan penghasilan 10 juta rupiah per bulan. Namun, ia menekankan pentingnya menjaga iman dan tidak menjadi hacker jahat bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang hacking. Keren ya!

Abdullah Mudzakir adalah contoh nyata dari seorang Gen Z yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang teknologi, namun tetap mempertahankan nilai-nilai moral dan etika.

Menurut teman-teman, apakah temuan Abdullah Mudzakir dalam bidang hacking bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan teknologi dan keamanan digital di masa depan? 

Bagaimana menurut teman-teman peran moral dan etika dalam bidang hacking?

Sekian bahasan tentang Abdullah Mudzakir, Gen Z ahli hacking yang berhasil menemukan bug Google dan meraih hadiah jutaan rupiah. Mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekurangan dalam penulisan ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi kita semua. Terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline